[Guess The Author] Disastrous Of Online

PERNAHKAH kau menyadari, kadang bermain internet terlalu asyik dapat menyebabkan diri ini lupa makan, lupa waktu tidur yang membuat tak terasa kalau hari sudah menjelang pagi, bahkan parahnya dapat membuat kita lupa bagaimana cara bersosialisasi dengan baik di tengah masyarakat dalam kehidupan nyata.

Kecanduan internet tentu saja dapat membuat orang susah mengatur waktu. Ditambah lagi beberapa orang ada juga yang menjadikan internet sebagai pelarian dari kekecewaannya. Golongan ini biasanya tidak ingin identitasnya diketahui secara terbuka.

Terlarut dalam dunia maya pada akhirnya terjebak dalam dunia virtual yang justru menjauh dari dunia nyata. Jika sudah terjebak dalam dunia virtual, online di internet berlebihan dapat menyebabkan gangguan mental.

Seseorang yang telah mengalami gangguan mental akibat pengaruh dari jeratan dunia virtual biasanya tidak ia sadari. Ada banyak tipe gangguan mental yang disebabkan dunia virtual. Namun, hanya beberapa yang ingin kusampaikan pada kalian…

~ Online Intermittent Explosive Disorder (OIED) ~

“Gangguan kepribadian ini berupa emosi yang sebentar-sebentar meledak di saat online. Orang yang mengidap gangguan ini tampak normal pada awalnya. Beberapa hari atau jam sebelumnya mereka bisa saja melakukan pembicaraan-pembicaraan lucu atau komentar-komentar hangat. Akan tetapi beberapa saat kemudian berubah marah-marah dan mengumpat disebabkan sesuatu yang menyinggung perasaannya.”

SEPERTI biasa, pagi-pagi sekali Heechul sudah berhadapan dengan benda kotak dan papan tombolnya. Entah bagaimana menjelaskannya, tapi bisa dibilang kalau ia nyaris tak tidur semalaman. Beberapa gelas kopi berserakan di meja samping komputer dengan sebuah asbak yang dipenuhi puntung rokok.

Heedictator: Ahahaha~ Yah, kau benar. So Hee memang cantik.

Ia tersenyum santai sambil meregangkan otot-otot tangannya. Tapi tak lama kemudian matanya menyipit memandangi layar monitor.

“Brengsek!” umpatnya. Ia kembali mengetik dengan cepat, namun kali ini penuh emosi. “Kau memang tak berotak!”

Satu hentakan di tombol ‘enter’ berhasil membuat meja sedikit bergetar ketika ia mengakhiri ketikannya. Tangan kanannya meraih gelas dan menyadari kalau isinya sudah kosong, ia kembali mengumpat. “Sial!”

Heechul pergi ke dapur untuk mengambil segelas air putih. Namun, belum sampai di sana, bunyi ‘ping’ berhasil mengurungkan niatnya dan buru-buru kembali duduk di meja komputer.

Shfly3424: Kau ini kenapa? Aku hanya bilang kalau Moon Geun Young wanita tercantik di Korea Selatan. Mengapa responsmu sangat buruk?

Heechul mengertakkan giginya. Ia menggaruk dagu yang dipenuhi janggut-janggut tipis lalu kembali mengetik.

Heedictator: Aku tak mengerti mengapa Tuhan memberikan penglihatan yang buruk padamu. Bukankah sudah jelas kalau Sohee adalah wanita tercantik di muka bumi ini?! Berhentilah memuji idola idiotmu itu!

Ia kembali menghentakkan keyboardnya dengan penuh emosi. Kemudian memandangi puluhan poster Sohee yang terpajang di sepanjang dinding kamar. “Hey, kau memiliki garis wajah yang sempurna. Mengapa banyak orang yang tak berpikir seperti itu? Mereka buta!”

PING!

Shfly3424: Oh ayolah, ini hanya pendapatku. Kenapa kau menjadi seperti ini?

Heedictator: KARENA KAU BODOH, TENTU SAJA!!!

Shfly3424: Heechul, hentikan!

Heedictator: Aku akan berhenti jika kau juga berhenti memuji wanita bodoh itu. Hanya Sohee di dunia ini yang lebih pantas dipuji kecantikannya!

Shfly3424: Berhenti mengatai idolaku bodoh! ‘Moon Geun Young cantik’ adalah pendapatku. Mengapa kau tak dapat menerimanya?

Heedictator: Itu karena kau mengatakan Moon Geun Young adalah wanita tercantik se-Korea Selatan. Itu sangat menyinggungku! Karena Sohee lebih pantas menyandang predikat tersebut.

Shfly3424: Kalau begitu katakan saja ‘Sohee wanita tercantik sejagad raya’. Mudah ‘kan?

Heedictator: Kau menghinanya!!!

Shfly3424: Apa maksudmu?!

Heechul mengambil kotak rokok dan menarik sebatang dari dalamnya. Ia hanya menempelkannya di sela-sela bibir tanpa menyalakan api dan membakar ujungnya.

Heedictator: KAU, PRIA BRENGSEK MEMANG LEBIH PANTAS BERSAMA WANITA BODOH. BERHENTI MENGGANGGUKU LAGI!!!

Shfly3424: Well, ini lebih baik. Aku tak bisa terus-menerus beradu argumen yang sama setiap hari dengan orang terganggu mental sepertimu.

Heechul berteriak kesal setelah membacanya, membuat rokok tadi terjatuh ke lantai. Kemudian ia menarik mouse dengan kasar dan menghapus akun Yesung dari daftar temannya.

“Bajingan!” umpatnya lagi.

Ia menjatuhkan gelas-gelas kopi dengan sapuan tangannya dan melempar asbak ke dinding. Napasnya menderu tak terkendali. Lalu berjalan ke sisi dinding di mana terdapat poster Sohee yang sedang tertawa. Heechul tersenyum tipis. Tangannya meraba-raba poster tersebut. “Sohee-ya~”

Kenapa hal seperti Heechul bisa terjadi?

Kebanyakan dari kita hanya bisa menahan hasrat untuk melakukannya di dunia nyata, yang apabila dilakukan mungkin bisa membuahkan sebuah tinju ke wajah kita. Di Internet kebanyakan pengguna menyembunyikan identitas aslinya, sehingga mereka dengan bebas mengeluarkan isi hati dan kemarahannya tanpa khawatir reputasinya menjadi jelek.

Ia berbalik, berjalan kembali menuju meja komputer. Menyambar mouse dan mengklik permintaan berteman dengan Shfly3424. Hal ini terjadi setiap hari sejak beberapa bulan yang lalu. Namun, kali ini berbeda. Yesung sudah menghapus akunnya.

“Brengsek!” teriak Heechul frustasi. Namun matanya tertuju pada sebuah status ‘temannya’ yang lain, yang bertuliskan:

Donghae861015: Ibu, aku merindukanmu. Kau adalah wanita tercantik yang pernah ada di dunia ini…

Dengan gesit dan penuh emosi Heechul kembali mengetik…

~ Low Forum Frustration Tolerance (LFFT) ~

“Bagi orang yang suka menulis dan melakukan posting, seringkali merasa bahwa postingannya sangat sempurna. Penulisnya hampir setiap waktu mengecek masuknya komentar yang baru diberikan pembacanya. Jika ia mendapat komentar-komentar miring penuh kritik, maka dengan cepat ia akan meluncurkan jawaban yang akan mematahkan tanggapan itu. Jika tidak ada yang memberikan komentar, dia akan mengirimkan komentarnya sendiri (mungkin dengan nama lain) untuk meramaikan tulisannya.

SHINDONG dengan wajah sumringah terus asyik menggoyangkan jari-jemarinya di atas keyboard. Ia merasa telah menemukan simbol-simbol baru untuk menuliskan rahasia pribadi.

“Hyung, sedang apa?” tanya Ryeowook.

“Membuat postingan mengenai cara baru menuliskan rahasia di hadapan publik. Asal kau tahu, postingan ini pasti akan menarik datangnya pengunjung blogku,” terangnya bangga.

“Wah, kau hebat, Hyung.”

“Tentu saja.”

Shindong menepuk dadanya penuh bangga. Kemudian ia kembali melanjutkan pekerjaannya. Setelah beberapa jam bergumul dengan bahan postingan, ia menerbitkan tulisannya tersebut. Belum sampai lima menit, ia kembali merefresh halaman blognya dan menemukan ada satu komentar yang masuk.

“C3A9A9B9…! Wah, daebak. Hanya aku yang dapat membuat postingan sesempurna ini.”

Ia terus memelototi kolaborasi antara angka dan huruf di dalam postingannya. Tak sampai satu menit, ia kembali merefresh. Lima komentar masuk, hatinya semakin berbunga-bunga mendapat banyak pujian. Namun, terdapat satu komentar yang menohok hatinya.

Kangin: Komentar lain mengatakan kalau postingan ini jenius. Tapi menurutku, ini terlalu kekanakkan. Orang terlalu sibuk untuk membaca tulisan pra-sejarah seperti ini.

Shindong geram karena merasa dihina. Ia lalu membalasnya.

Shin: Tidak. Menurutku ini bagus sekali dan memiliki banyak manfaat. Tidak kekanakkan karena kudengar anak-anak belum pernah memakainya. Dan aku juga belum pernah melihat seperti apa tulisan pra-sejarah.

Kangin: Sebaiknya kau menulis hal-hal yang lebih berguna…

Shin: Ini sangat berguna. Aku yakin banyak orang yang akan menyukainya!

Heedictator: Hey, aku setuju dengan Kangin.

Shin: Tidak. Kalian salah. Banyak orang yang membutuhkan simbol-simbol rahasia ini.

Shindong kembali merefresh, sejauh ini baru ada dua belas komentar dan didominasi oleh celotehan adu argumen tadi. Ia merasa kecewa. Biasanya ia mendapatkan puluhan komentar dalam postingannya, walaupun setengahnya adalah hasil dari perbuatannya sendiri.

Ia menulis sebuah nama dalam sebuah kolom, lalu menuliskan nama samarannya seperti biasa. Lalu mengetik komentar-komentar pujian. Ia melakukan hal tersebut berulang kali hingga jumlah komentar bertambah banyak.

Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Kegiatan itu membuat dia menjadi tidak sabaran, karena ingin segera melihat respon dari pihak lain. Ketidaksabaran ini meminimalkan toleransi terhadap serangan yang menimbulkan ketersinggungan.

Shindong tersenyum puas. “Yah, ini lebih baik. Takkan kubiarkan orang lain menghina hasil jerih payahku…”

~ Internet Asperger’s Syndrome ~

“Sindrom ini adalah bentuk halus dari autisme yang tampak berupa ketidakmampuan biologi untuk menunjukkan empati kepada manusia lain, mungkin disebabkan ketidakmampuan untuk mengenali isyarat non-verbal. Mereka secara terus-menerus bertingkah aneh dan mengganggu disebabkan mereka tidak mengetahui bahwa mereka sebenarnya terganggu. Ada bagian dari otak mereka yang rusak.”

SUNGMIN duduk dengan tangan memeluk erat kedua lutunya yang ditekuk. Napasnya terdengar sangat berat. Sedangkan dari luar kamar, terdengar suara teriakan-teriakan hasil pertengkaran orang tuanya.

Ia menyeka sudut bibirnya yang berdarah. Sebelum masuk kamar, ia sempat dipukuli appa dengan alasan ‘ketidakmampuannya menerima kehidupan nyata’. Itu karena ia terlanjur tenggelam dalam dunia virtual dan mengidap ‘Internet Asperger’s Syndrome’.

Perlahan-lahan ia melirikkan matanya ke laptop, lalu menyalakan webcam dan mulai berbicara sendiri. “Sungmin… rekam…” ia berbalik, membenarkan posisi duduknya agar lebih dekat dengan laptop. “Sungmin, rekam,” ujarnya lagi. Di dalam hal ini, ketika kemampuan melihat respon dan mimik wajah atau ekspresi nonverbal sudah hilang, begitu juga dengan empati. Maka hal yang diberitahukan hanya kepada orang yang tidak ada, hanya sekelompok kata-kata pada layar. Sekelompok kata-kata kecil yang tidak berarti.

Sungmin berdiri, lantas menyalakan music player dengan volume yang besar. Ia kembali duduk di depan laptop dan asyik menatap wajahnya dalam monitor. “Sungmin, rekam,” ujarnya lagi.

“Sungmin-ah,” panggil eomma di ambang pintu. “Sungmin-ah, lihat eomma!”

Sungmin tak peduli. Ia terlalu asyik dengan dunianya sendiri. Perlahan-lahan senyum mengembang, lalu tertawa terbahak-bahak. Eomma semakin keras memanggilnya.

“Sungmin-ah, ayo kita pergi dari sini! Kau harus ikut eomma!”

Sungmin tak menyahut. Ia malah asyik menari dan melompat-lompat sesuai dengan irama musik. Eomma belum menyerah memanggilnya. Tapi hal itu hanya berlangsung sebentar, karena terdengar suara appa yang berteriak-teriak dari bawah. Eomma segera berlari keluar. Dan beberapa menit kemudian terdengar debam pintu dan teriakan appa yang mengusir eomma pergi.

“Sungmin-ah,” teriak eomma dari halaman rumah. “Berjanjilah kau akan hidup dengan baik!”

“Pergi!” appa tak kalah berteriak.

Sungmin menghentikan musik dan rekamannya, lalu meng-uploadnya ke internet. Ia tak berhenti memanggil namanya sendiri.

“Jadi, ini yang kau lakukan selama ini?!” teriak appa dari ambang pintu. Ia berjalan menghampiri Sungmin, menarik rambut dan menyeretnya keluar kamar, lalu kembali memukuli Sungmin.

“Dasar anak sial! Kau sama sekali tak berguna. Lebih baik mati daripada membuatku malu!

Mata Sungmin bergerak cepat ke kanan dan kiri. “Mati, mati, mati…,” racaunya tak jelas.

Appa mendorongnya hingga tersungkur. Ia berjalan terseok-seok menuju kamarnya. Appa mencoba memukulnya dengan tali berukuran cukup besar dan mengenai bahunya. Setelah sampai kamar, ia mengunci pintunya dan duduk kembali di hadapan laptop.

Mengulang kejadian sebelumnya, ia menyalakan webcam dan mulai merekam. Perhatiannya mulai tertuju pada tali. Ia tersenyum tipis dan bangkit memasangkan tali ke palang atap. Kamera terus merekamnya, namun yang kini bisa ditangkap hanyalah gambar kaki Sungmin yang mulai menaiki sebuah kursi. Ia tertawa cukup keras, menikmati permainan yang dibuatnya. Tali yang sudah ditalikan simpul, ia kalungkan ke kepala.

“Eomma, saranghae…,” ujarnya dengan bola mata bergerak liar ke kanan dan kiri.

BRAK! Kursi terjatuh dan kakinya menggantung. Kamera berhasil merekam semuanya dan secara otomatis meng-uploadnya ke internet…

*Memang terdapat kasus bunuh diri yang direkam dengan webcam – yang sebagian mungkin main-main – dan dipublikasikan di Internet.

-the end-

Author’s Notes: Yep, tidak ada larangan untuk berinternet, akan tetapi berinternetlah dengan sehat. Jangan biarkan diri kita dikendalikan oleh internet, tetapi kitalah yang harus mengendalikannya dengan mengetahui batasan-batasan dan bertindak sesuai kewajaran dan tidak melebihi batas dalam berinternet.

Terima kasih. Semoga FF ini menambah pengetahuan kalian… (^o^)

Cr: Berbagai sumber

Admin’s Notes: See? Tahu tulisan siapa ini? kalau iya, langsung mention ke @SJFF2010 dengan menyertakan hashtag #2ndAnnivSJFF. Jawaban ditunggu sampai pukul 21.30. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu jawaban atau akan didiskualifikasi. Terima kasih atas partisipasinya  dan jangan lupa komen \\(^0^)//

55 Comments (+add yours?)

  1. tomomikazuko13
    Mar 22, 2011 @ 20:07:11

    hmmm siapa yaaahhh kira2?
    hehehe
    emang bener internet itu suka bikin lupa banyak hal haha

    Reply

  2. elfb2utyshawol
    Mar 22, 2011 @ 20:10:15

    kayaknya memang sering terjadi..smoga saya ga kyk gitu..amien..palagi yg diperagakan ma sungmin*naudzubillahiminzalik*
    makasih info nya author*siapapun orangnya*..berguna sekali..nambah deh pengetahuan saya..^^

    Reply

  3. deehae
    Mar 22, 2011 @ 20:12:14

    oh? sapa ya? aish~ jinca…aaaaaa~ sapa sapa sapaaaaa?
    #bacaulang

    Reply

  4. linjunxia97
    Mar 22, 2011 @ 20:13:19

    Selesai..
    Udh mention..
    Moga2 bner..
    Minnie oppa bunuh dri?!
    Kyu ma siapa ntar?

    Reply

  5. choidongkyung
    Mar 22, 2011 @ 20:13:37

    Mudahan jawaban saya bener ini 😀

    Reply

  6. nhanesELF
    Mar 22, 2011 @ 20:13:55

    Gilee..nambah ilmu bnget..baru tw trnyata ada sindrom yg bgini..seremm..
    Untuk kasus hee itu sering bnget trjadi bhkan padaku..
    Hahhaa..
    Dan sungmin trgolong yg paling parah kasusnya..
    Slama bca ni ff cma ada 1 author yg trlintas..
    Mga bner..

    Reply

  7. freychullie.shinraena
    Mar 22, 2011 @ 20:14:40

    ini seperti ngasih nasehat ke kita ya????

    Reply

  8. devilhae
    Mar 22, 2011 @ 20:14:58

    wow. ffnya ada unsur pengetahuannya *apadeh* XD
    emang iya sih internet suka bikin lupa. hehe
    nice FF ! n__n
    masih belum ada perkiraan siapa yang buat >_<

    Reply

  9. luchiyuna
    Mar 22, 2011 @ 20:15:39

    yaa emg bner klo online itu bisa bkin org ketagihan, lupa diri, autis bahkan berbuat yg nekat .

    nah itu tuh ky sungmin yg ngeakhiri hdupnya di depan webcam .

    waa tulisan siapa yaa ??
    rada bingung dkit sih, abis jrg bca tulisan dgn gaya sprti ini dsni *sok taunya kumat*
    hheheheee. tpi coba tebak aja ah .

    Reply

  10. HanSoonHee
    Mar 22, 2011 @ 20:17:09

    Ini, FF ?? atau Winkipedia??? wkwkwkw
    salut buat authornya yang sibuk bolak-balik baca winkipedia trus nulis FF..

    Semoga tebakan saya benarrr.. wkwkwkwkwk
    kalo gak bener -maapinyebuatauthoryangsayatebakin-

    *keringetdingin*

    Reply

  11. rossilovehenry
    Mar 22, 2011 @ 20:18:25

    done mention… mudahan aja bener… hehehe

    iiihh jangan sampe deh kayak sungmin… mungkin lebih baik kayak shindong… memberikan info info yg bermanfaat walaupun sering dihina sama orang… 🙂

    @RosePark90

    Reply

  12. neneng
    Mar 22, 2011 @ 20:18:59

    makasih utk masukanx..

    Reply

  13. cemoymoy
    Mar 22, 2011 @ 20:19:30

    bingung ahh siapa authorny..#maentebak2berhadiahlagi
    tp ni beneran ad sindrom ni y? bru tau
    alhamdullilah q ga msk satupn kategori ni..hihi

    ngakak sindrom ptama..
    heechul maksa bgt..trsrh orang sapa yg dblg cantik..kekkk
    tu di status donghae dkasi komen ap y..pnasaran

    Reply

  14. Qhaa Chibum
    Mar 22, 2011 @ 20:19:37

    ini baru epep yang penuh ama ilmu pengetahuan .
    Qa numpang copas yh ..
    buat nambah ilmu dan baca-baca ..

    nice epep ..
    dan dari bahasanya ,
    yang sering update pengetahuan gini saya tau de .

    Reply

  15. deehae
    Mar 22, 2011 @ 20:21:08

    yep..setelah mengubek2 file2 author yang ada, dan menganalisisnya satu persatu *jiah* saya telah memberi jawaban lewat mention..yosh!!! semoga bener~ amin

    Reply

  16. Bumbum^^
    Mar 22, 2011 @ 20:22:34

    Waaah .. nyeremin juga ya.
    Postingan ffnya sangat bermanfaat. Menambah pengetahuan baru. Gomawo 🙂

    Reply

  17. abcdeunhyuk
    Mar 22, 2011 @ 20:27:14

    INI FF BENER-BENER DAEBAK!! isi ffnya bermanfaat dan bener-bener nyadarin aku yg addict sama internet! wkkk
    Jujur ya author, yg nomer 1&2 itu pas banget dengan aku hahaha .___. *tersipu (?)*

    P.s: jawaban GTA-nya udah aku mention di twitter. bocor nih, baru 2 menitan baca aku langsung tau siapa authornya kkkk~ #pede
    dan yaa semoga aja bener 🙂

    Reply

  18. dhila_アダチ
    Mar 22, 2011 @ 20:27:28

    prtama secara umum dulu..
    asli keren banget tema yang diangkat, ampe2 pas baca lupa kalau tujuan utamanya mendeteksi siapa yng bikin ni ff..daebak dah!!!
    temanya unik..beda banget…

    kedua, ttg cerita..
    keren..dapet banget gambaran ttg bagaimana emosi heechul shindong dan sungmin.Dan yg pling menggiriskan ya sungmin..ampe bunuh diri sgla. ..

    ups, kepanjangan..hehe..=D
    gutlak buat tebakannya….hohoho…
    *dugdug..dugdug..*

    Reply

  19. iffa
    Mar 22, 2011 @ 20:28:05

    fanficnya bangus. mengingatkan kita-kita yg suka kecanduan internet kayak aku. skrg jadi lebih sadar kalau main internet enggak boleh berlebihan ^^

    Reply

  20. sisiondubu
    Mar 22, 2011 @ 20:28:08

    baru tau ada sindrom kaya gitu,o…
    klw yang kaya heechul sama shindong masih mending deh,
    tpi yang kaya sungmin, wee mengerikan.

    authornya sapa ya?? *sok mikir
    ehehehe.. nice ff, saiia jadi nambah ilmunya

    Reply

  21. Changmi_Donghae
    Mar 22, 2011 @ 20:32:11

    Bagus banget,gacuma ff doang,tapi ada unsur pengetahuanya. Sebenernya nih ff udah sempurna, cuma perlu sedikit lebih rapih.

    Reply

  22. Han Yeosin
    Mar 22, 2011 @ 20:32:34

    dengan internet membuat jarak jauh terasa dekat.

    Internet membuat kita saling mengenal
    internet juga membuat dekat kita dengan Oppadeul tercinta ^^

    Reply

  23. mrsyesungie
    Mar 22, 2011 @ 20:34:19

    baru nemu ff yg kaya gini kekeke
    tapi keren bgt nambah pengetahuan.
    paling serem sindrom nya sih sungmin ihhhh,semoga aja gak ampe kaya gtu zz
    aduhhhh ini author siapa yaaa? apa author yg itu yaaaa kekekekeke

    Reply

  24. nellminsungie
    Mar 22, 2011 @ 20:37:13

    aduh saya blum ada byangan ni sapa?
    saya pikir2 dlu ah~

    woah, ni jelek nya internet yak?
    haha~ sungmin~ah kenapa kamu bnuh diri~ ahhh~

    Reply

  25. yuni_imnida
    Mar 22, 2011 @ 20:38:22

    komen:
    Bapaknya sungmin tega banget sih. . .
    jahat!

    analisis:
    – author ini biasa mencetak tebal di kata/kalimat yg mengindikasikan part utamanya/bag. terpenting yg ingn di-influence ke reader. tp biasanya ga pake tanda ini ~. misal: ~online intermittent explosive disorder~
    – kata di dpan koma tidak memakai huruf kapital (huruf pertama pd kata pertama)
    – selalu memakain konotasi
    – author yg paling mendekati ini ya yg aku pilih. tp kalo juliet lagi pake topeng ya bisa jadi authornya yg aku tebak tp yg lain.

    nice FF.
    Menambah ilmu. . .:D

    Reply

  26. ChanraChanraChanra_lau
    Mar 22, 2011 @ 20:38:53

    haduuuuh hopeless nih aku ._____.
    tapi kalo dari cara penulisan huruf cetak miring,sama cara2 yg lainnya *plak kayanya sih ….
    Dari bahasa/caranya ngerangkai kata mirip sama itu… Hehe
    Okeee tntang ff.nya, baguus banget nambah pengetahuanku,haduuu jangan sampe yaallaah ra ngelakuin yg dilakuin ma umin ><
    Gomawo yaa thor udah nambah pengetahuan ra =D

    Reply

  27. sungwookie
    Mar 22, 2011 @ 20:40:46

    Wii bacaannya brmanfaat bner,, τнänkчöü infonya,, heechulnya kocak

    Reply

  28. chocovanillatte
    Mar 22, 2011 @ 20:43:47

    aku pernah denger sih ada sindrom-sindrom macem ini. tapi ga pernah baca detail-detail yang ada. ff ini bikin aku tau penjelasan tentang sindrom-sindrom pada internet dengan cara yang menyenangkan!! ^o^
    daebak!

    Reply

  29. wookayevil
    Mar 22, 2011 @ 21:03:50

    aku agak yakin ama yg ini!
    untung aja, suamiku *baca:wookie* gak ikutan kena internet sindrom… nice, nambah pengetahuan bgt! aku sll ska ff kaya gini!
    moga tebakanku bener!

    Reply

  30. liathespaniard
    Mar 22, 2011 @ 21:04:44

    Waduh, otak sy puyeng mikr syapa, enth mengapa cr nuls.y agk brbda hahaha

    aigo, mksh ats nasiht.y akn sy ingt

    .hwaiting!!

    Reply

  31. ~Choi.hyun_ae~
    Mar 22, 2011 @ 21:13:16

    Jd serem bcany chingu.
    Hehe
    nambh pengetahuan bget nich.
    Ff yg sgat mendi2k.
    Kira2 sapa ea authorny??
    Huum

    Reply

  32. Pyoshi_Uchiha
    Mar 22, 2011 @ 21:26:33

    Uwakakaka.. itu si heechul parbat sndromnya, si moon ampe dikatain idiot..
    kyaa~ author tega! si umin syndromnya serem bgt *nunjuk” umin lg gelantungan pake tali*
    umin: et! lu kata gue apaan!

    btw aku ga tau siapa authornya, bener” buta di ff ini.. huft nyerah ga ya~ *galau.com*

    Reply

  33. Mochimochimine
    Mar 22, 2011 @ 21:34:59

    Woahhh! Baru tau trnyata ada penyakit akibat internet. D kra cm bkin jadi autis.. Hehe

    bagus! Aku suka! Setelah sekian lama ga brkunjung k sjff, ada lg ff yg kaya gni stelah fat is not bad. Thanks y author, jadi dapet ilmu baru ni saya.Hehe

    Reply

  34. ndeehyuk
    Mar 22, 2011 @ 21:45:17

    cadas…!!!
    crita bengini nih yg w suka…!!!
    nambahin pengetahuan !!! dan aku tau persis wat nulis kaya gini bener2 butuh riset sendiri…
    salut deh wat author !! who ever you are,two thumbs up !!

    Reply

  35. Jung Mischa
    Mar 22, 2011 @ 21:48:46

    Setuju bgt ma yg diatas…
    Kita jgn dikendalikan ma teknologi dan kita hrs menggunakan dgn baik…

    Siapa nih penulisnya?moral ff ini bagus..

    Reply

  36. diyawonnie
    Mar 22, 2011 @ 21:55:50

    Yampun…
    sejujurnya, saya sering kayak Shindong…
    Merefresh… merefresh… dan merefresh…
    kekeke~
    tapi gak pernah nganggep tulisan sendiri sempurna. krisis percaya diri saya tinggi dan sulit diobati TT____TT
    menyedihkan~

    bahasa-bahasa verbal yang muncul di dunia virtual emang bikin sesat. kayak saya misalnya, bawel di dumai, silent pada kenyataannya…

    btw, komen macem apaan nih?
    kekeke~

    Reply

  37. LopeLopeKJW
    Mar 22, 2011 @ 22:03:34

    author yg sering ngasih info tentang ginian ini………
    ah tapi lagilagi saia terlambat, garagara curhat jadinya lupa kudu nebak author,
    udah 2X lewat, gak mungkin bisa ikutan lagi (-_-)
    komen ff’a

    aa~~~
    segala sesuatu emang kudu dibatesin, kalo terlalu freak pasti aja hal negatif muncul..

    Reply

  38. Ghye_JJ
    Mar 22, 2011 @ 22:32:56

    ff bagusss,,,jadi nambah pengetahuan neh..
    makasih buat authornya udah shared….^^

    Reply

  39. Nuna
    Mar 22, 2011 @ 22:50:11

    dmpak internet bs ngri gtu jg yh..
    pha gy yg umin,,hdehh..

    Reply

  40. han gi
    Mar 22, 2011 @ 23:31:21

    Wah…ternyata ada syndrome internet jga ya . Aku udh kena berarti . Harus di kurangin berarti ol nya .
    Author terimakasih telah menyadarkan diriku ^^

    Reply

  41. JinkiLover
    Mar 23, 2011 @ 00:47:45

    lol. merasa tertampar baca ini. tapi amit2 aja kalo kejadian kayak sungmin. hiii…

    Reply

  42. sj_rara
    Mar 23, 2011 @ 01:02:17

    keren… dari ga tau jadi tau tentang penyakit2 itu… yang kaya gini nih yang namanya ff bermutu 🙂

    Reply

  43. Clouds3424
    Mar 23, 2011 @ 08:15:07

    *Ngakakparah* heechul ama yesung gajelas gajelas gajelas… Wahaha sungmin.. Sadis. Shindong? Aduh..

    makasih banyak infonya^^ jadi tau.. Kayanya, aku udah kena deh>< jangan sampe akut ah ngeri~

    Reply

  44. IsTi_KiHae
    Mar 23, 2011 @ 08:20:11

    dpt info nih..
    gomawo author..^^

    Reply

  45. mirsakyu
    Mar 23, 2011 @ 09:15:06

    baca sindrom2 awal jd teringat sama seseorang… wanita palembang… *siap2 ditabok* wkwkwkwk~
    alhamdulillah belom punya temen yg punya sindrom terakhir… LOL
    kayaknya ini ff paling bermutu dan berguna yg pernah saya baca… 4 thumbs up ^_^

    Reply

  46. Onmithee
    Mar 23, 2011 @ 12:37:28

    estege..
    aq baru tw klo SJFF ngadain acara ultah *duing.. duin.. duing*
    hikss.. dan sayangnya aq telat buat ikutan berpartisipasi…
    yaelah.. jeleknya ane ==’

    aq yg no. berapa ya? hmmmm…. kykx gak ada deh. yg kedua sih lumayan mirip.. tp masih dlm kategori biasa. g salah kok klo balesin komen di postan yg kita buat ndiri yg salah klo kita malah muji2 dengna nama lain hehe.. sejak awal dah jd gangguan jiwa tuh ==’
    tp paling targis yg ketiga… itu mah efek ortu g bisa mendidik anak n g bisa ngemong.. kesalahan bukan di anak tapi pada orang tua.

    terus analisis ff..
    hmm.. kykx authornya pasti pingin tulisannya di analisis.
    1. FFx bagus, kesan edukasi nya dapet. aku suka.. haha~ lagian penyakit kayak gini jarang di bahas, dan banyak yg gak tahu jadinya aq harapa siapaun authornya bisa bikin FF2 yang bermuatan edukasi kyk gini ^^b
    2. Gaya bahasanya menggurui haha *lumayanlah* jadi terkesan baca buku kesehatan */plakk* tapi mungkin karena muatannya serius jd aku nangkepnya kyk gitu.
    3. tulisannya rapi ^^. artinya FFx dibuat penuh kesabaran n serius wlw kykx emang terburu-buru.. tapi sukalah..

    karena main tebak-tebakannya dah selesai.. aq gak mau mikir siapa yg nulis nih FF..
    yg jelas.. GOMAWO.. udh bikin FF edukasi yg menarik kyk gini..
    LANJUTKAN ^^/

    Reply

  47. Minhye_harmonic
    Mar 23, 2011 @ 15:11:03

    ffnya keren…. jadi tahu kalo ad sindrom gituan.. hiiii >.<||| #bergidik ngeri
    1. heechul dikau internetan sampe lupa cukuran ==", ditambah menjadi sangaaaaaaaaaaat sewot tentang siapa yang paling cantik. ckckc, bukankah dikau sudah mengakui bahwa saya adalah yang paling cantik?! #digeplak heechul dan petals
    2. shindong, kau sudah gila?! buat komentar sendiri… ckckckckckckckckckckckc.. g waras =.="
    3. sungmin!!! sungmin! mengapa dikau bunuh diri???!!!!! mana jadi kyk org gila lagi… euhhhhhh… =.=

    hm… sumpah… temanya keren!!!!!!!!
    saya suka-suka,suka,jujur, nggak tahu siapa yang bikin #digaplok…
    hahahahah ~~~~~ suka nih kalo sama ff ginian..
    ok, lebih baik saya sudahi komen gapen gini ,,, kkkk~~ XD

    Reply

  48. SAERYUNG
    Mar 23, 2011 @ 15:52:31

    Ihhh,.. ATuuttt PARAHHHH

    Reply

  49. chodictator
    Mar 23, 2011 @ 17:08:54

    yaampun serem serem banget @@
    aku kayanya tau.. tapi telat lagi kirim jawabannya —

    Reply

  50. megumihyo
    Mar 23, 2011 @ 17:32:28

    Merinding disco pas bagian yg sungmin ga ke bayang kalo sy nemu video ky gtu errrr ._.v mksh infonya ini ky bkn ff tp berita kekekekek =))

    Reply

  51. lebaai
    Mar 23, 2011 @ 18:02:52

    wah jarang jarang ada fanfic beginian. nambah ilmu! coba semua pelajaran pake ilustrasi di kehidupannya nyata dg tokohnya suju kaya’ gini. pasti kan aku semangat belajar, udah gitu selama apa pun aku bakal inget pelajarannya. hahaaa~~ buat author ini -aku gatau siapa, suer <–reader gagal- sering sering bikin ginian dong. nambah ilmu, ngirit waktu eheheee~~

    Reply

  52. Laveniachan
    Mar 23, 2011 @ 18:21:17

    Aih aih ..
    Ffnya daebak banget .. 😀
    Isinya ada pengetahuannya lagi ..
    Kayaknya tau deh siapa yang nulis FF nih ..
    tapi lupa .. #PLAKKK
    😀

    Reply

  53. kang soo in
    Mar 26, 2011 @ 03:29:47

    Heechul.ku knapa ganas banget gitu??? Iiih takut… Klo Shindong mnurut.ku dia author labil kkk~ Umin? Ya Allah ampe bunuh diri gitu? Ngeri…

    Aku gak bisa nebak, maklum reader baru (baru sering baca maksudnya)

    Reply

  54. kyuviw
    Mar 30, 2011 @ 16:27:46

    wow daebak! keren ni author nya.
    ngangkat fenomena yang deket banget sama kehidupan kita.
    ahh sapa yaaaa author nyaaaa.. (?) :))
    apakah~~~

    Reply

Comment's Box

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: