[SARABABO] Before You Go…

KIM Kiyoung menghela napasnya panjang. Wajahnya muram sesaat setelah menutup teleponnya. Ia melempar ponsel ke atas kasur lalu duduk di atasnya sambil menutup wajah dengan kedua tangan. Ia baru saja menghubungi Henry–kekasihnya–dan mendapat penolakan besar. Pria itu kecewa mendengarnya akan pergi.

Ponsel kembali berdering, namun kali ini dari Seera. Ki Young menjawab panggilannya, “Ya, ada apa?”

“Apa yang sedang kau lakukan?! Kami sudah menunggumu sejak tadi.”

Ki Young terperanjat. “Astaga, aku lupa. Maaf! Aku segera ke sana.” Dengan terburu-buru ia menyambar mantel dan tas kecilnya lalu bergegas keluar rumah.

 

 

“Kenapa dengan wajahmu? Apa karena Henry?” tanya Myu Ra.

Ki Young mengangkat kepalanya dari sandaran bahu Jin Rin. “Apa terlihat seperti itu?”

“Kau takkan pernah bisa menyembunyikan apapun dari kami,” sahut Chaesa. “Jadi, apa masalahmu?”

Ki Young menghela napas pendek. “Henry marah mendengarku akan pergi,” keluhnya.

“Yah, itu wajar menurutku,” ujar Chaeri.

“Sangat tidak wajar, Eonni. Sudah sepantasnya ia mendukung keputusanku. Aku berharap ia memberikan perhatiannya pada studi yang kupilih. Tapi pada kenyataannya harapan hanyalah harapan…”

“Kapan kau memberitahunya?” tanya Myu Ra.

“Baru saja melalui telepon sebelum kemari. Itulah mengapa aku lupa ada janji sengan kalian…”

“Babo!” umpat Myu Ra seraya menyesap coffee late-nya. “Hal sepenting ini kau bicarakan melalui telepon?”

“Dia sedang bekerja. Lagipula sudah beberapa minggu ini kami tak bertemu. Aku tak mengerti mengapa akhir-akhir ini ia lebih mementingkan pekerjaannya. Apa menurut kalian ini awal dari akhir?”

“Andwae!” tolak Sooran.

“Ya, kalian harus mempertahankannya,” seru yang lain.

Ki Young menidurkan kepalanya ke meja. Café hari ini cukup ramai, namun ia merasa hampa dengan absennya Henry hari ini. Padahal awalnya, ia ingin memberitahukan rencana studinya ke Jepang pada Henry di café ini. Namun, seperti yang sudah dijelaskan tadi, Henry sedang disibukkan pekerjaannya.

 

 

ESOK Ki Young berangkat dan malam ini ia hanya duduk di sisi jendela kamar sambil memandangi langit cerah dipenuhi bintang.

“Ssshhh…”

Ki Young mengedarkan pandangannya mencari sumber suara. Bulu tengkuknya mulai berdiri. Perlahan-lahan ia menutup jendelanya, namun sebuah tangga mendarat di dinding kamarnya di luar.

“Ya! Apa yang kau lakukan?” pekik Ki Young.

“Mengunjungi pacar,” sahut Henry enteng dengan kaki terus memanjat naik ke atas menuju Ki Young. “Hai, apa kabar?” sapanya saat sampai di hadapan Ki Young.

Ki Young menutup jendelanya keras-keras, lalu ia pergi menjauhi jendela. Di samping itu, Henry tak berhenti mengetuk jendela minta dibukakan.

“Untuk apa kau kemari?!”

“Bukankah sudah kubilang?  Mengunjungi pacar, absolutely!”

Ki Young membuka jendelanya dan mendapati Henry menggigit setangkai mawar merah. “Hey, itu sangat norak!” ejek Ki Young kesal.

“Well, seharusnya akulah yang marah di sini. Mengapa jadi kau?”

“Karena kau menghilang di saat aku akan pergi. Besok sore aku pergi, dan kau baru menemuiku malam ini? Keterlaluan!” sungut Ki Young sambil memukul-mukul lengan Henry.

“Hey, hey, hey… Kau ingin aku jatuh? Setidaknya persilakan aku masuk dulu. Kita bicarakan hal ini baik-baik.”

“Oh, demi Tuhan. Mengapa semua pria seperti ini?”

“Jangan menyindirku!”

 

 

HENRY tersenyum geli melihat Ki Young melipat lengannya sambil mengerucutkan bibir. Sesekali ia merangkulnya, namun berkali-kali pula mendapat penolakan.

“Hey, apa yang harus kulakukan agar kau dapat memaafkanku?”

Ki Young sedikit melunak, ia menoleh dan menatap lekat mata Henry. “Tak banyak. Aku hanya ingin kau mendukung keputusanku…”

“Tunggu! Keputusan apa?”

“Henry!”

Henry tersenyum nakal. “Iya, aku hanya bercanda,” ujarnya sambil merangkul Ki Young. Tapi ia langsung memasang wajah serius. “Maaf, sudah marah padamu. Tak seharusnya aku seperti itu.”

“Mmm…,” Ki Young mengangguk, “…tak apa-apa.”

“Aku hanya memiliki banyak ketakutan.”

Ki Young menatapnya penuh tanya.

“Aku takut dengan hubungan jarak jauh. Aku takut kita tak bisa mempertahankan komitmen yang telah kita buat sebelumnya.”

“Kau meragukanku?!”

“Tidak, bukan itu. Aku selalu berusaha untuk mempercayaimu. Yang kutakutkan adalah berkurangnya frekuensi kita untuk bertemu. Kau tahu sendiri, aku tipe pria yang tak tahan jika tak bertemu. Aku bisa sangat merindukanmu.”

“Lalu mengapa kau menghilang akhir-akhir ini jika memang tak dapat berpisah lama dariku?”

“Itu karena aku berusaha lebih keras mengumpulkan uang untuk ini…” Henry mengeluarkan sebuah kotak kecil dari dalam saku celananya. “Before you go… Will you marry me?”

 

 

“Hati-hati di sana! Jangan pernah menginjakkan kakimu di klub-klub malam! Aku memang tak lagi bisa mengawasimu dari dekat, tapi kau harus menjaga kepercayaanku. Mengerti?” tanya Myu Ra dan Ki Young hanya mengangguk. “Baiklah, hati-hati.”

“Eonni, aku akan sangat merindukanmu. Ingat, akulah maknae sebenarnya. Berhenti mengaku-ngaku sebagai maknae!” tuntut Hyeon.

“Iya. Aku pergi dan kau bisa mendapatkan kembali predikatmu itu.”

Sooran berjalan menghampiri Ki Young dan memeluknya. “Kami bangga padamu. Belajarlah dengan baik dan jangan lupa untuk pulang!”

Seera hanya menangis saat memeluk Ki Young. “Jangan pernah menerima minuman dengan tutup yang telah terbuka. Jangan pernah mengajak teman lelaki ke apartemenmu. Jangan…”

“…melirik pria lain, tentu saja. Dengan kekuasaan penuh, aku berhak memintamu untuk tidak melakukan itu,” sela Henry. Seera melepaskan pelukannya dan kini berganti Henry yang memeluk Ki Young. “Kupegang janjimu semalam. Kita akan menikah setelah kau mengakhiri studimu di sana.”

“Tentu saja. Aku bukan tipe orang yang melanggar janji. Kau harus menungguku! Aku akan meminta Sarababo untuk mengawasimu. Jadi, jangan macam-macam!”

Henry melakukan gerakan ‘siap’ ala militer. Kemudian ia membantu Ki Young merapatkan blazernya.

 

 

Musim di mana sakura tumbuh berbunga menghiasi langit Jepang, anggota keluarga kami meninggalkan tanah air untuk melanjutkan studinya di sana. Dua tahun pertama ia takkan pulang. Seperti yang ia tahu, kami akan selalu merindukannya. Seberat apapun kehidupan yang ia tempa di sana, kami akan selalu berada di sisinya memberikan dukungan moril.

Tepat Oktober 2011, merupakan tahun kedua bagi Sarababo. Tak terasa dunia virtual ‘menyatukan’ kami dalam waktu yang tak dapat dibilang singkat. Beberapa di antara kami terpisah pulau dan belum pernah bertemu. Tapi rasa sayang kami tak dapat terbantahkan. Kami saling menyayangi satu sama lain.

Ya, seperti yang Yuwe bilang, masing-masing dari kami memiliki kelebihan. Mirsa-onni, mahasiswi S2 ITB. Kelly, pegawai bank yang harus mengikuti trainee untuk bisa bekerja di sana. Mitmit, otak encernya mampu melahap ratusan soal hitungan dalam waktu singkat. Chidori, calon perawat si pemilik blog khusus Cho Kyuhyun yang sudah ternama di kalangan ELF, khususnya penggemar Kyuhyun. Ayun, si calon dokter yang lagi getol-getolnya menyiapkan ko-ass. Rara, gudang informasi kami mengenai semua news Kpop dan badut dalam Sarababo, juga berbakat menulis FF geje. Hyeon, anak SMP yang lagi berjuang dengan ujian akhirnya. Dan saya sendiri, Diya, saya merasa satu-satunya member yang tak memiliki kelebihan apapun. Namun mereka bilang, saya mampu menulis, walaupun bagi saya hal itu sangat absurd^^

Jadi, Yuwe… Berjuang menggapai cita-cita di sana. Jangan pernah putus silaturahmi dengan kita yang akan selalu mendoakan Yuwe.

Besok Yuwe berangkat. Check in jam lima sore dan take off jam delapan malam. Kita berdoa semoga Yuwe selamat sampai Nagoya dan betah di sana.

Pilih-pilih makanan dan minuman, jangan abaikan isu radiasi. Kesehatan lebih penting dari apapun. Jangan belajar terus sampai lupa makan! Ngemil harus yang sehat…

Yuwe… Aku bakal kangen kamu kalo lewat depan kost-an Yuwe. Aku bakal kangen ngerampok banyak video-video Kpop dari Yuwe. Rara juga bakal kangen karena kehilangan partner begadang, sms-an, nonton, sampai yadong-yadongannya. Hyeon juga bakal kangen kehilangan rivalnya ngerebutin predikat ‘maknae’. Mitmit juga kangen adu ‘bacot’ memperebutkan Onew sama Yuwe. Juga Ayun memperebutkan Teppei sama Yuwe. Kita semua merasa kehilangan…

Rara: “Ati ati ya we.. Jaga diri.. Solat jgn lupa.. Biarpun kamu jadi minoritas disana tp solat jgn sampe lupa ya.. Jgn mau diajak macem2 ama temen.. Inget muka org tua we..pasti ga akan sanggup kalo mau macem2 mah.. Jgn ampe lost contact ama kita ya we.. Saranghae dongsaeng…”

Mitmit: “uwe…. aduh bingung mo ngomong apa.. smwx udh disampaikan ma rara… tapi… smg kamu sukses selalu az di jepang sana…”

Chi: “Kita bangga sama Yuwe…”

Tapi kita akan terus mendukung Yuwe… Kamu harus bikin bangga mama-papa, Sarababo, dan temem-temen Hansamo lainnya. Ini malam terakhir kita ngegeje di mesej FB dan twitter selama Yuwe di Indonesia… Hari minggu, Yuwe udah online di Jepang. Iya kan, We? Kabarin kita ya kalo udah sampe…

Semoga postingan ini bisa dijadikan pengganti ‘nggak bisa nganter Yuwe ke Soekarno-Hatta’. Jangan lupa ambil barang yang udah Mirsa-onni kirim di xtrans. Itu kenang-kenangan dari Sarababo juga kumpulan FF buatan aku yang udah dibukuin berikut pesan-pesan anak-anak Sarababo.

Selamat jalan, Yuwe… SAMPAI JUMPA DUA TAHUN YANG AKAN DATANG^^/ Jaga kesehatan yaaa!

YUWE SARANGHAE~~~ \(>O<)/

 

 


 

29 Comments (+add yours?)

  1. sj_rara
    Mar 26, 2011 @ 01:17:38

    ninggalin jejak dulu

    Reply

  2. sj_rara
    Mar 26, 2011 @ 01:24:34

    TT____TT ga kuat baca postingan ini apalagi kata2 dibawahnya itu… ahjumaaa….

    yuwe….. kayanya semuanya uda aku kasi tau deh we… ati2 we… ga bosen2nya aku ngomong ini.. ati-ati… jaga diri ya we…..

    Reply

    • mochimochimine
      Mar 26, 2011 @ 08:29:04

      Iyaaaa jumma sayaaaangg..
      Makasi yaaa 😀

      aku bakal inget pesen kamuu.. 🙂
      crtain aku DT,MDL,JMC,ama Glee ya jumma.. Aku kan skrg hrus donlot ga bs nntn langsung .. Huhu
      jagain pierre,nick,ama lucy aku.. Jagain sam aku, jagain dongjun aku.. *ini apa2an* hehe

      jumma saranghae :*

      Reply

  3. iceQream— ♪
    Mar 26, 2011 @ 01:44:31

    mmm terharu T___T /speechless
    –tp dy, bagian eke lebay bgt -_- ga begitunya diy 😦

    yuwe, baik2 disana, jangan lupa makan, jaga makan, dan hati2 kaya diya blg diatas.
    yuwe cepet pulang /;-; kta belom ketemu……………………

    buat yuwe, pokonya baik2 disana yah.. semua pasti kangen ma yuwe 😦 *apalagi yag sering jumpa*
    baik2 disana 😀 kami bangga pokoke…

    Reply

  4. sj_rara
    Mar 26, 2011 @ 01:51:32

    ih si ahjuma mah… absurd apaan?? ahjuma author fave aku disjff tau…

    yuwe…. tar aku nonton Junior masterchef, MDL, Glee ama siapa dong… #nangislagi

    Reply

  5. ndeehyuk
    Mar 26, 2011 @ 04:07:24

    *cek tanggal*
    Ah…. Ud tgl 26…. Yuwe brangkat hr ni yah….
    Hati2 d jln y we…. Adu…. Jd ikut sedi bacanya…
    knp aku mlh inget yuwe yang ngelompatin pager taneman pas kita mo nntn kiff?? *dikeplak*
    smuanya ud d omongin tu sm ank2 sarbab… Jgn dibaca doang y. Dpraktekin. 2 taun itu sbntar ko. Percaya deh. Tar tau2 ud dpt undangan resepsi dr teteh *lirik yg pny nama*
    Ayo yuwe smangat….!!! Aku percaya ko kl suatu saat anak2 sarbab bakal kumpul. Kaya mimpiku waktu itu. amin….
    Babay yuwe…!!! Sampe ketemu ‘di Jepang’ !!!
    Disini bakal bnyk yg ngangenin kamu. Makannya blajar yg bener yah… Fighting !!!
    \(^_^)/

    Reply

    • mochimochimine
      Mar 26, 2011 @ 08:44:45

      Onniiiiiiiiiiiiiii…
      Ahahaha loncat pager d kiff.wkwkwk..
      Masi inget aja.hahaha udamana d gosipin ama anak korea sebelah lg, pdahal tmenny sndri jg begitu.. Wooo.. Norak! *apa ini?* ahaha
      iya onni.. Makasi yaaa 🙂
      insya allah smua pesen kalian ak jalanin.. Aku gamau macem d negri org.. Hehe
      Amiiinnn.. Aku jg yakin sarbob pasti kumpul.. Nanti. Hehe

      HWAITING! \(^o^)/
      makasi ya onni , saranghae :*

      Reply

    • Onmithee
      Mar 26, 2011 @ 11:30:00

      wooo… ada adegan uwe ngelompat pagar?
      busyet ga pernah crita dia

      Reply

  6. han rae In
    Mar 26, 2011 @ 08:54:24

    wah kak yuwe nya ke jepang ??
    ff nya bagus >.<
    buat kak yuwe, walaupun aku nggak kenal kakak
    tapi sukses y disana
    Tuhan memberkati mu selalu.
    *jd pingin ke jepang*
    heheh
    😀

    Reply

  7. mochimochimine
    Mar 26, 2011 @ 09:09:49

    Diyaaaaaaaaaaaaa .. Aku terharu bacanya, aku selalu bingung mau komen apa, aku cm bs blg makasi, makasi ama makasi..
    Ga kerasa uda hampir 2taun kita ngeje brg, rebutan bias bareng.. Hehe
    kaya yang aku sering blg? Hehe aku emang sering bilang kalo qt spesial, masing2 punya watak,karakter,kelebhan dan kekurangan ya beda2..
    Diya jg gtu, dy pinter nulis, tulisan km ga absurd ko. Aku selalu sk bc ff km, 🙂 skrg uda ga ada yg bs d rampok y diy?hehe tenang masi ada uri leader.. Hehe /dipentung

    jumma,mit onn cepet selesein skripsi kalian.. Biar kalian ga cape bulak balik kampus, d krjain dosen, d bkin begadang semaleman suntuk buat ngerevisi ato apapun..

    Mirsa onn, makasi ya onn, kmrn ny uda nampung aku 3hr d t4 onni, neleponin baraya yg super geje jadwalnya itu, uda gt, aku nginep cm ngacak2 doang lg ga ky si emak.. Hehe aku bkal kangen nginep d kosan itu, kangen kumpul 4L+emak+neng michelle+anggi onni, yg slalu bwa makanan enak .. Hehe

    mit onn, makasi ya onn walo qt sering ribut gara2 onyu, tp ak cm bcnda ko..hehe nyatany ak lbh cinta henry d bndg onyu /plak hehe

    chi, yg diya tulis ga lebay ko.. Chi kan emang trkenal *keukeuh* hahaha, abis poto kyu yg ga aku pnya pasti chi pnya (?) hehe
    chi makasi yaaaa

    ayun, ayun,teppei punyaku. Hahaha ga ding bcnda.. Hehe dokter pribadi sarbob, hehe makasi ya ayun, maap kalo ak sering konsultasi gratis, 😛

    jummaku.. Yaaah km keilang partner nontn dee, kasian jinon, pasti kangen qt hina2 . Hehe jumma makasi ya.. Ntar qt nntn brg2 lg, tunggu ak plg, mudah2an indovisionny ga d cabut lagi ama si papa.. Hehe
    nanti lg qt makan brg ya jumma, d yogya kya waktu it ama mir onn, ama uwiw jg.. Hehe

    diya, aku iri ama km yg bs idup sehat, huhu.. 😀 ntar ak blajar idup sehat. Hehe
    diya makasi yaaaa.. Sering aku repotin gr2 ff, hehe

    hyeon, hehe.. Maap hyeon. Posisi maknaemu sempet ak rebut. Hehe poko nya semangat uan, dapetin nilai yg memuaskan, masuk d sma yg km mau.. Hehe

    minna, hontou ni arigatou gozaimasu! Makasi buat smua doanya.. Aku cm bs blg makasih 🙂

    xtrans : siap! Ntar paket nya aku ambl, ak ntar d 2E Ko.. Hehe makasi yaaa ..

    Yeorobun Saranghae! :*
    annyeong..

    Ff : BAGUUS! Aku suka jalan ceritanya, tp aku lbh suka kata2 dr kalian . Hehehe
    buat henry : ok, ntar ak slesai qt nikah! Amin. Hahaha

    Reply

  8. IsTi_KiHae
    Mar 26, 2011 @ 10:59:04

    hmmm..
    wlaupun aku gak kenal yuwe..
    aku cmn b’doa smg sukses dsna…
    ff’y bgs…^^

    Reply

  9. Onmithee
    Mar 26, 2011 @ 11:22:06

    HARI INI JADI HARI PALING GALAU BUAT SARBOB…
    UWEEEEEEEEEE…………
    SARANGHAE…
    STARJUN + SUJU YANG MEMBUAT KITA BERSATU DAN BERTEMU…
    semoga kita jaya selalu..
    SARANGHAE
    THANKS DOIS.. THANKS SUPER JUNIOR.. THANKS SEMUANYA…

    Reply

  10. mirsakyu
    Mar 26, 2011 @ 15:35:05

    yuweeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee…
    aku maen sama siapa ntar disini… huaaaaaaaaaaaa diya bikin aku nangis, mana ada bumonim disini…
    yuweeeeeeeeeee sumpah aku bakal kangen banget sama kamu ntar… dari semua babo, aku yang paling sering ketemu sama kamu, paling ngga seminggu sekali ada kita ketemu… aku bakal kangen sama speaker kamu… biarpun kamu suka nyebelin *plak* tapi sumpah ga ada yang bisa gantiin kamu deh… noraebang bertiga ga asik… harus ada kamu baru asik… rampok dvd, ngegosip autisan, makan2 geje, maen game geje, semua yg aneh2 udah aku lakuin sama kamu…
    ah belom apa2 aku udah kangen sama kamu…
    aku nyesel kenapa pas kamu pulang dari kosan aku ga aku peluk ya… mikirnya masih bisa peluk di bandara, nyatanya ngga bisa…
    aku peluk dari jauh aja ya… aaaaaaaaaaaaah yuwe nan jeongmal saraghaeeeeeeeeeeeeeee~~~
    baik2 disana ya… inget sholat jangan sampe lewat… baca alquran juga… sebenernya aku pengen beliin kamu buku ttg motivasi dan doa2, tp ga sempet… tp aku yakin keluarga kamu pasti udah ngebekalin yang banyak…
    jangan sering2 nangis disana ya… kalo kangen lsg sms aja… tar kita skype-an.. klo aku kangen aku bakal buka video gongjunimkids… yang ada aku malah nangis ya liatnya hehe~
    dapet salam sayang dari keluarga2 kamu di bandung… geng anak2 emak… semuanya, sarababo dan anak2 emak sayaaaaaaaaaaaang sama kamu…
    take care ya honey… cup muaaaaaaaaaaaaaaaach…

    ps: semoga suka hadiah2 dari kita… ^_^

    Reply

  11. woobaby
    Mar 26, 2011 @ 16:10:59

    ninggal jejak dulu.

    Reply

  12. gengkhun
    Mar 26, 2011 @ 16:17:08

    magnae ninggal jejak. ntar balik lagi.

    Reply

  13. specialkey
    Mar 26, 2011 @ 20:17:53

    yuwe… sm9a selamat sampe sana…
    jangan lupa kasih kabar ya klu udah sampai sana.. ^^
    salam buat teppei.. 😀
    aku juga bakal kangen kmu konsul ke aku.. krn kmu n sarbob aku jdi byk belajar, n nyari tahu. yah, walau ujung2nya masih krg memuaskan kalian.. mianhae.. i’ll study hard too.. 😀

    Reply

    • mirsakyu
      Mar 26, 2011 @ 20:34:13

      kurang puas gimana yun… kamu kalo ngejelasin pake bahasa2 yg aneh bin ajaib kita ga ngerti… buktinya kamu emang pinter yun… 🙂

      Reply

  14. hyukbumnik
    Mar 27, 2011 @ 19:32:53

    aku gak kenal member sarababo, tp aku familiar sama nama kelly dan mitha. mit eon yg punya blog onmithee kan? dan kel eon couplenya soo oppa.
    tp tetep aja aku nangis baca postingan ini.
    uwe eon, walo kita ga kenal tp aku kirimin doa gpp kan yaa?
    all the best eon, lakuin yg terbaik. banyak org yg ga sberuntung eon n.n
    solat jgn sampe lewat ya *padahal gw nonis* n.n
    fighting eon!! SEMOGA SUKSES.

    Reply

  15. iipaah
    Mar 28, 2011 @ 10:46:40

    waaa,,keren ff.a ..

    aku jga pngen ngucapin bwt yuwe eon.. walaupun gag sling knal ,ahaha,shat slalu yaa,,blajar yg rajin ..ehehehe

    oea,,sarababo apaan eon ???

    Reply

  16. beenimnida
    Apr 11, 2011 @ 20:30:24

    yamyun, baru masuk, dah baca ini. sarababo fighting yah.
    yuwe, suxes yah, hix hix, berkaca-kaca ngebacanya.

    Reply

  17. Shin Rayeo
    Jul 08, 2011 @ 16:45:57

    diya eonnie, seperti biasa ff-nya bagus! absurd? nggak sama sekali lho
    Yuwe eonnie, walaupun aku nggak kenal eonnie, aku berharap Yuwe eonnie sehat selalu di sana. Dan..

    mwo?! Henry mau nikah sama Yuwe-chan? jangan galak2 ya eon, aku ini saengnya mochi oppa.. *narsis akut* *dibunuh Strings, digampar Yuwe eonnie*

    Reply

  18. shanty fyn
    Jan 08, 2012 @ 14:34:42

    baru baca ff ini.
    rasanya melihat kedekatan kalian seperti nyata.
    aku sebagai pembaca jadi terbawa suasana.
    buat dirimu yang tengah menuntut ilmu di jepang, semoga segala kebaikan menyertaimu…
    sukses selalu yah.
    banyak orang yang selalu menunggumu 🙂

    Reply

  19. minnah
    Feb 26, 2012 @ 15:07:05

    annyeng haseyo eonni~
    aku reader lama disini, tapi baru berani komen -___-”
    eon, aku suka banget sama ffnya. apalagi yang sarababo.
    lanjutin dong eon. nanggung banget chapter XII-nya. bikin penasaran aja 😀

    keep writing eon!

    Reply

Comment's Box

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: