[FF Of The Week] The Darkness [ SEQUEL The Antagonist]

FF_The darkness [SEQUEL The Antagonist]

Title     : The Darkness [ SEQUEL The Antagonist]

Author : Retz

Cast     : Cho Kyuhyun, Lee Donghae, Yoon Hyun Ae (OC), Song Haven (OC)

Genre  : Romance

Rating : G

The Antagonist : https://superjuniorff2010.wordpress.com/2013/12/20/the-antagonist/

This story is back!! Karena The Antagonist dapat tanggapan yang sangat bagus dan banyaakkk permintaan sequel, maka Author mencoba menulis sequelnya. Hope you’ll love this one, too.. ^^

***

Apa yang salah dari seseorang yang mencintai terlalu dalam?

***

Haven berjalan menyusuri lorong yang terasa suram bersama dengan seorang wanita berpakaian polisi di sisinya. Langkah kakinya yang menggema di sepanjang lorong terdengar hingga ke dalam hatinya, ke sebuah tempat hampa yang penuh kegelapan di dalam dirinya. Wanita di sampingnya menahan lengannya, sebuah isyarat bisu untuk menghentikan langkahnya, kemudian membuka pintu di sebelah kanan mereka. Menuju ruangan kecil dimana terdapat seorang pria menunggunya.

Pria itu sedang sibuk menata beberapa dokumen di atas meja dan segera menghentikan kegiatannya ketika mendengar suara pintu terbuka. Ia berdiri dari tempat duduknya, menyambut orang yang menjadi tujuannya ke sini.

Sejenak pria itu tampak tidak dapat mempercayai penglihatannya. Ia memang sudah mendengar banyak dari Hyun Ae tentang orang yang akan ditemuinya ini, tapi tetap saja ia merasa terkejut saat melihatnya langsung. Dia terlalu cantik untuk melakukan apa yang diceritakan Hyun Ae.

Ia mengerutkan keningnya lalu bertanya dengan ragu-ragu pada orang yang kini berdiri di hadapannya.

“Nona… Song Haven?”

Gadis itu mengangguk lalu duduk di kursi yang berhadapan dengannya, membiarkan dirinya sendiri mengatur perasaan terkejut yang menguasainya. Setelah beberapa detik, ia memutuskan untuk duduk dan melihat informasi apa yang bisa didapatnya dari pembicaraan mereka nanti. Diulurkannya tangannya, “Perkenalkan, saya Lee Donghae, pengacara anda.”

Haven menatapnya tanpa ekspresi dan tidak berniat menyambut uluran tangan pria di hadapannya, membuat Donghae dengan perlahan menarik kembali tangannya.

“Seingat saya, saya menandatangani surat kuasa dengan Tuan Park Jung Soo.”

Donghae berdeham lalu menunjukkan Surat Kuasa yang ditandatangani Haven beberapa minggu yang lalu beserta Surat Kuasa Substitusi yang baru didapatnya tadi dari sunbaenya, “Saya berada dalam firma hukum yang sama dengan Tuan Park Jung Soo dan karena suatu hal, Tuan Park meminta saya untuk menangani kasus anda.” Menyerah pada paksaannya, lebih tepatnya.

Sekali lagi Haven menatapnya dingin, tidak menunjukkan ekspresi apapun. Donghae yang ditatap seperti itu hanya bisa berdeham lagi dan menyibukkan dirinya membolak-balik berkas tanpa tahu apa yang sebenarnya ia cari. Setelah cukup lama, ia baru menyadari betapa terlihat tidak profesionalnya ia sekarang. Ditegakkannya tubuhnya dan menatap Haven.

“Saya minta anda menjelaskan kasus anda kembali tanpa ada yang ditutupi, saya perlu…”

Gadis di hadapannya mengerutkan keningnya dan memotong kalimat Donghae, “Anda datang ke sini tanpa mengetahui apa yang terjadi?”

Donghae kembali berdeham, entah kenapa gadis itu begitu mengintimidasinya hingga ia merasa seperti orang bodoh. “Bukan begitu, saya hanya ingin mendengar semua dari anda, bukan hanya dari berkas, tuan Park, ataupun Hyun Ae karena….” Begitu nama itu keluar, Donghae segera menghentikan kalimatnya. Menyadari kesalahan apa yang sudah dibuatnya dan dengan was-was menatap Haven.

Gadis itu terlihat membeku begitu mendengar nama yang tanpa sengaja disebutkan Donghae, sebelum kembali memasang wajah tanpa ekspresinya. Matanya menatap tepat ke manik mata Donghae dengan lebih dingin dan tajam seolah ingin membuat orang di hadapannya lenyap tak berbekas.

Donghae terdiam di bawah tatapan itu, tak mampu berkutik. Ini bukan pertama kalinya ia bertugas sebagai pengacara, ia sudah biasa mendapati tatapan membunuh atau bahkan serangan fisik. Ia sudah sangat terbiasa. Tapi ini pertama kalinya ia merasa terintimidasi hingga tak mampu berpikir. Ada yang lain dengan gadis di hadapannya. Matanya…

Donghae menghirup napas dalam-dalam lalu memejamkan matanya sejenak. Bibirnya terbuka hendak mengatakan sesuatu, namun terhenti saat mendengar kalimat bernada tajam yang dilontarkan Haven.

“Jadi kau sudah menemui gadis itu. Apa yang ia katakan? Betapa menderitanya ia? Betapa mengerikannya aku?”

Donghae menggeleng, berpikir apakah ia akan mengatakan yang sebenarnya atau tidak, saat Haven kembali berbicara.

“Kau memintaku untuk mengatakan semuanya tanpa ada yang ditutupi… apakah itu hanya berlaku sepihak?”

Kening Donghae berkerut menyadari kebenaran kata-kata Haven. Disandarkannya punggungnya pada sandaran kursi, merasa seperti seekor kucing yang ketakutan dan ingin menjaga jarak aman. Matanya tanpa ia sadari menatap ke segala sudut ruangan kecil itu, mencari pintu keluar dan memastikan bahwa terdapat kamera keamanan di sana. Ia menarik napas dalam dan mencoba berbicara setegas mungkin seperti dirinya yang biasanya.

“Sebenarnya… Hyun Ae yang memintaku untuk menjadi pengacaramu. Ia ingin aku melakukan yang terbaik agar kau bisa mendapatkan semua hakmu sebagai tersangka dan mendapatkan hukuman seringan mungkin.”

Haven terdiam beberapa detik, memproses kalimat Donghae dalam otaknya lalu mengangkat sudut bibir kanannya, membentuk senyuman separuh yang penuh kebencian namun entah mengapa sekaligus terlihat menyakitkan di mata Donghae.

“Jangan lakukan apapun,” Haven mengambil jeda, menikmati ekspresi bingung yang muncul di wajah Donghae,  “Kalau kau berhasil membuatku mendapatkan hukuman seringan mungkin, maka aku akan lebih cepat membunuh gadis itu.”

Donghae tercekat. Ditatapnya wajah Haven dengan seksama dan semakin terkejut. Gadis ini serius.

“Bagaimana bisa…?”

Haven tertawa dingin, menggema dengan mengerikan di telinga Donghae, memenuhi ruangan tertutup itu hingga membuatnya tanpa sadar mengepalkan tangan.

“Karena… aku benci dengan fakta bahwa gadis itu hidup di dunia yang sama denganku. Sesederhana itu.”

***

Donghae menghela napas dan merebahkan kepalanya di atas meja kerjanya yang dingin, berharap dengan itu kepalanya akan mendingin pula. Kalau saja bukan Hyun Ae yang memintanya, sekarang ia pasti sudah mensubstitusikan lagi surat kuasa dari sunbaenya itu kepada rekannya yang lain.

Hyun Ae. Ia mengenal gadis itu sejak kecil. Gadis yang tinggal di rumah mewah di seberang rumahnya dan yang hidup di dunia yang penuh cahaya, jauh berbeda dengan dirinya yang harus mencuri di supermarket dan berusaha tidak tertangkap hanya untuk bisa menikmati daging sebagai menu makan malamnya. Tipikal gadis lembut kaya yang hanya perlu menjentikkan jarinya untuk mendapat semua keinginannya. Semuanya. Setidaknya itulah yang dulu selalu dipikirkan Donghae, sebelum ia melihat Hyun Ae pingsan di hadapannya dan terpaksa melarikannya ke rumah sakit dengan mobil pengantar barang tempatnya bekerja sambilan.

Saat itu, ia mulai tahu bahwa selama ini gadis itu menderita kanker dan harus mengurus segala keperluan rumah sakitnya sendiri, bahkan sampai jadwal operasinya, sementara kedua orangtuanya hanya menandatangani surat-surat yang di-fax oleh pihak rumah sakit kepada mereka.

Untuk pertama kali dalam hidupnya, ia menyadari bahwa seorang Yoon Hyun Ae pun mempunyai kegelapan dalam hidupnya.

Ia ingat hari itu ketika ia menjenguknya, Hyun Ae menyambutnya dengan senyuman manis, membuatnya ragu bahwa gadis itu benar-benar sakit dan akhirnya membuatnya semakin mengagumi gadis berambut ombak indah itu. Gadis lemah namun kuat. Gadis yang menghangatkan hati setiap orang hanya dengan kehadirannya. Keningnya berkerut, kembali teringat kalimat dingin yang dilontarkan Haven tadi siang.

Ternyata tidak semua orang menyukai berbagi dunia yang sama dengan seorang Yoon Hyun Ae.

“Ini benar-benar seperti dalam drama.”

Donghae melirik Hoobae-nya, Ryeowook, yang mulai berkomentar setelah dari tadi diam mendengarkan ceritanya.

“Kau tahu kan, hyung? Seorang dokter yang jatuh cinta pada pasiennya yang sakit parah, namun dihalangi oleh sang tunangan yang jahat. Ckckck… ternyata hal seperti itu ada juga di kehidupan nyata,” Ryeowook menghela napas dengan keras dan menggelengkan kepalanya dramatis, beranjak dari tempatnya untuk kemudian duduk di kursi di hadapan Donghae. “Hyun Ae benar-benar baik, begitu juga dokter Cho. Terlihat jelas bahwa ia sangat mencintai Hyun Ae. Aish, bagaimana bisa ada orang sejahat Song Haven? Sudah mencoba membunuh Hyun Ae, masuk penjara dan masih di tolong Hyun Ae, tapi malah semakin ingin membunuh gadis sebaik itu. Ia pasti sakit jiwa.”

Kalimat Ryeowook tanpa disadarinya mengingatkannya pada saat Hyun Ae menelepon untuk memintanya datang ke rumah sakit. Ia yang kebetulan saat itu sedang bersama Ryeowook pun memutuskan mampir sebentar melihat keadaan gadis itu, tanpa sedikitpun mengira bahwa Hyun Ae akan menceritakan tentang perbuatan Song Haven padanya.

“Oppa, bisakah oppa membuatnya tak harus dipenjara?” Hyun Ae menatap penuh harap padanya, hal yang sama sekali tak pernah ada di pikirannya. Bukankah akan lebih masuk akal bila sekarang Hyun Ae memintanya memastikan bahwa Song Haven akan dihukum seberat-beratnya? Seolah mengetahui kebingungannya, Hyun Ae tersenyum tipis dan menatap melalui celah pintu kamarnya yang sedikit terbuka pada seorang dokter pria yang sedang berbicara dengan perawat di luar.

“Orang itu… tak pernah tertawa lagi. Sejak dokter Song dibawa paksa oleh polisi di depan matanya, ia tak lagi sama.”

“Mungkin ia hanya terkejut. Siapa yang akan menyangka kalau tunangannya akan berbuat seperti itu?”

Hyun Ae menggeleng, “Bagi orang itu, dokter Song bukan hanya seorang tunangan. Ia adalah seseorang yang selalu ada di sisinya selama 10 tahun ini, satu-satunya orang yang ia yakini tidak akan pernah meninggalkannya. Ia merasa kalau semua ini adalah kesalahannya karena ia jatuh cinta padaku, membuat gadis itu terluka, dan bahkan ia lah yang melaporkan tindakan dokter Song pada polisi.”

“Jatuh cinta itu bukan kesalahan, Hyun Ae-ssi. Tidak ada orang yang bisa memutuskan kapan dan dengan siapa ia akan jatuh cinta. Song Haven seharusnya menerima itu meskipun sulit, bukannya malah mencoba membunuhmu. Dan, aku yakin kalau seseorang pasti akan melaporkannya pada polisi kalau dokter Cho tidak melaporkannya,” Ryeowook mengungkapkan apa yang ada di pikirannya dan menatap Hyun Ae dengan pandangan tidak setuju, sementara Hyun Ae lagi-lagi tersenyum pada mereka.

“Dia tidak pernah melakukan percobaan pembunuhan, menurutku.”

“Hyun Ae-ah, Dokter Song dengan sengaja membiarkan kau kesakitan hingga tidak sadarkan diri dan harus dirawat di ICU padahal menurut hukum yang berlaku, sebagai dokter ia seharusnya merawatmu. Itu adalah tindak pidana. Dan dengan fakta bahwa kau bisa saja kehilangan nyawamu serta pengakuannya di depan umum bahwa ia memang berniat membunuhmu, polisi dan jaksa juga akan mencoba menggunakan pasal percobaan pembunuhan sebagai dakwaan alternatifnya.”

“Donghae oppa, meskipun seperti itu… tidak bisakah kau membuatnya tidak dipenjara?”

Donghae menggeleng tegas, namun begitu dilihatnya ekspresi memohon Hyun Ae, ia menghela napas frustrasi. “Aku menjadi pengacara bukan agar klienku yang meskipun bersalah dinyatakan tidak bersalah. Aku bukan orang seperti itu. Yang aku lakukan adalah memastikan bahwa klienku mendapatkan semua haknya di depan hukum dan mendapatkan hukuman yang sesuai.”

“Kalau begitu, tolonglah agar dokter Song mendapatkan hukuman seringan mungkin. Kumohon… ini adalah permohonan dari seorang penderita kanker otak yang sudah menganggapmu seperti oppa-nya sendiri. Jebal…”

Donghae merenungkan ingatan itu sembari memejamkan matanya, tidak bisa memungkiri bahwa yang dikatakan Ryeowook benar. Hyun Ae adalah seseorang dengan hati paling baik yang pernah ia temui, dan dokter Cho sangat mencintainya. Ia bisa tahu itu dari cara pria itu menatap dan memperlakukan Hyun Ae. Nampak jelas bahwa baginya, Hyun Ae adalah pusat dunianya. Tapi satu yang ia ragu… Song Haven. Gadis itu memang dingin dan mengucapkan kata-kata kejam, tapi bukan itu yang membuat seorang Lee Donghae merasa terintimidasi dan sesak. Sekarang ia baru sadar, bahwa saat gadis itu tiba, bukan perasaan takut dan mengerikan yang dirasakannya, tapi sebuah perasaan lain yang terasa memberatkan dadanya dan memenuhi udara. Sebuah perasaan kesepian yang pekat yang terefleksikan oleh mata gadis itu.

Ia menggeleng, mencoba menghapus perasaan berat yang masih terasa di dadanya setiap kali mengingat mata gadis itu. Mungkin Ryeowook salah, dan ini semua hanya tergantung dari sudut mana kau memandang setiap dari mereka.

Mungkin seorang Yoon Hyun Ae juga memiliki sisi hitam di balik hati putihnya…

***

Haven menatap beberapa wanita yang berpakaian sama dengannya dengan tidak tertarik. Pakaian tahanan yang melekat di tubuhnya terasa sangat menjijikkan baginya. Ia berjalan menjauh, meringkuk di ujung sel berukuran kecil yang masih juga harus dibagi dengan beberapa orang dan memutuskan untuk memusatkan pandangannya pada lantai penjara yang dingin hingga menusuk tulangnya. Kedua lengannya memeluk lututnya, mencoba membuatnya sedikit lebih hangat, sementara bibirnya mulai mengucapkan gumaman. Gumaman yang selalu ia ucapkan sejak hari pertamanya menghuni sel ini.

Mengabaikan sepasang mata yang menatapnya dari balik jeruji besi dengan jutaan perasaan tak terbaca serta mendengar setiap gumamannya. Memperhatikan manik mata hitamnya yang berkilat penuh emosi dan terlihat kontras dengan wajah datarnya, hingga ia berhasil menyibak lapisan jiwa yang tersembunyi di balik mata yang selalu menarik perhatiannya. Membiarkan gadis itu meresapi semua gumamannya sendiri yang bagai alunan doa selalu menemani hari-hari di nerakanya.

“Yoon Hyun Ae, aku akan membunuhmu.”

***

Seratus Dua puluh Lima hari sejak Song Haven ditarik pergi darinya.

Kyuhyun menatap kalender di mejanya, tak tahu untuk apa sebenarnya ia terus menghitung hari yang sudah berlalu, karena hanya rasa sakit yang selalu didapatnya. Ia tersenyum tipis. Mungkin itulah yang dicarinya. Kesakitan atas kejahatannya.

Ia mendesah pelan dan bangkit dari duduknya, menuju pintu ruang kerjanya lalu menutupnya dari luar. Berjalan menghampiri seseorang yang ia tahu sudah menunggunya. Langkahnya terhenti di depan pintu bernomor 432. Dipejamkannya matanya sesaat dan menghirup napas dalam-dalam, berusaha terlihat baik-baik saja, kemudian membuka pintu di depannya dengan perlahan untuk menatap wajah lembut yang dirindukannya.

“Akhirnya kau datang juga,” gadis itu menghembuskan napas kesal dan berhasil mengukir senyum di wajah Kyuhyun.

“Nona Yoon Hyun Ae, seharusnya kau sudah tidur dari tiga puluh menit yang lalu.”

“Kalau begitu, seharusnya kau datang dari tiga puluh menit yang lalu.”

Kyuhyun berjalan mendekati gadis itu dan meraih tangannya, membawanya ke bibirnya lalu menciumnya. Menikmati kedamaian yang selalu diteriakkan oleh hati dan otaknya tak pantas untuk dikecap olehnya. Didudukkannya tubuhnya di kursi yang berada tepat di samping ranjang Hyun Ae. Sebelah tangannya terus membelai rambut halus gadis itu hingga wajah cantiknya nampak tenang, terlelap dalam tidurnya. Ia menatap wajah Hyun Ae, namun tak dapat membuat pikirannya untuk menetap di sana.

Pikirannya mengembara jauh ke tempat Haven berada, bertanya-tanya apakah gadis secantik malaikatnya itu dapat tidur nyenyak malam ini. Ingin sekali rasanya ia menemui gadis itu, memastikan keadaannya dan berlutut meminta maaf, tapi ia terlalu takut. Takut akan melihat pandangan penuh kebencian yang ditujukan Haven padanya. Ia sadar bahwa ia memang pantas mendapatkan pandangan seperti itu, namun membayangkan bahwa Haven lah yang akan memandangnya, ia merasakan hatinya teriris-iris.

Ketika pikirannya sudah mengembara terlalu jauh ke beberapa hari ke depan, remasan di tangannya melemparnya seketika ke masa kini. Ke sisi gadis yang seharusnya tidak dicintainya, yang kini menatapnya dengan teduh.

“Apa yang sedang kau pikirkan?”

Kyuhyun mencoba mengulum senyum, namun gagal. Ia merasakan matanya memanas sehingga memutuskan untuk merebahkan kepalanya di atas kasur Hyun Ae dan menyembunyikan wajahnya. Hyun Ae terdiam, menyadari bahwa pria itu sedang membutuhkan waktu untuk menenangkan dirinya. Setelah cukup lama dalam keheningan, Kyuhyun akhirnya membuka bibirnya tanpa mengangkat kepalanya.

“Aku…” Ia menghentikan kalimatnya, menelan ludah untuk mengusir rasa perih di tenggorokannya, “Minggu depan adalah hari peringatan kematian orangtua Haven…”

“Kau ingin bertemu dengannya?” Tanya Hyun Ae setelah Kyuhyun menggantungkan kalimatnya dan tak nampak akan melanjutkannya. Kyuhyun menggeleng pelan namun tak berapa lama, menggantinya dengan sebuah anggukan.

“Aku tidak tahu. Aku… takut.”

Hyun Ae menggigit bibir bawahnya mendengar pengakuan Kyuhyun. Pria itu takut karena rasa bersalahnya. Ia yang membuat pria itu menderita. Kalau saja hari itu ia tidak mengatakan ‘nado saranghae’ pada Kyuhyun, maka keadaannya tidak akan seperti ini. Haven akan masih tetap berada di sisi Kyuhyun dan Kyuhyun tidak akan semenderita ini. Tiba-tiba, ia menyadari bahwa sesungguhnya ialah sang antagonis dalam cerita ini. Kesadaran hati yang dengan kejamnya menghilang saat mendengar kalimat Kyuhyun kemudian.

“Aku… menyayanginya seperti adikku.”

Senyum hampir terukir di wajah Hyun Ae kalau saja ia tidak mendengar isak tertahan Kyuhyun. Diremasnya jemari pria itu dengan lembut, seolah mengatakan bahwa ia tidak sendirian. Sebuah ide kemudian melintas di benaknya, menanti untuk segera dilaksanakan begitu esok hari tiba dengan bantuan Lee Donghae.

***

Udara musim semi begitu memenuhi Seoul hari itu, membuat sinar matahari terasa menyenangkan menerpa kulit dan menguapkan rasa penat di hati setiap orang, kecuali gadis itu. Gadis yang kini sedang berjalan menelusuri rerumputan bersama dengan dua orang berpakaian polisi di belakangnya dan seorang berjas abu-abu di sampingnya.

Di tengah jalan, ia memelankan langkahnya menatap sebuah bangunan menyerupai kuil kecil, mengingat foto seorang kakek yang dimakamkan di sana yang selalu ia kunjungi setiap tahun. Kakek Cho Kyuhyun. Ingin sekali rasanya ia berlari ke sana dan menghancurkan tempat itu, namun sebuah pemikiran yang hinggap di kepalanya mengubahnya. Ia tersenyum separuh sembari mengalihkan pandangannya kembali ke depan. Bangunan itu sepertinya cukup untuk menampung seorang mayat lagi… tunggu saja, tuan Cho.

Langkah mereka akhirnya terhenti di depan sepasang gundukan yang nampak terawat. Ditatapnya satu gelas wine putih yang berada di makam sebelah kiri dan sebuket bunga matahari di makam yang lain. Gadis itu mendengus, tahu dengan pasti siapa yang telah mengunjungi kedua orangtuanya sebelum ia datang.

“Lee Donghae-ssi,” panggilnya pada pria di sampingnya yang segera menyerahkan buket bunga matahari kepadanya. Ia berjalan pada makam di sebelah kanan, memandangi foto seorang wanita yang tersenyum. Diletakkannya buket bunga itu di atasnya, kemudian mengambil buket lain yang telah berada di sana lalu melemparkannya ke sembarang tempat hingga rangkaiannya terlepas dan bunga-bunganya jatuh berserakan.

Ia kemudian melangkah menuju makam yang lain, mengambil segelas wine putih yang disodorkan Donghae dan meletakkannya di sana, dengan tak lupa pula mengambil gelas yang terlebih dulu ‘diterima’ ayahnya, menatap cairan putih di dalamnya diantara sinar matahari, lalu memiringkan gelas itu. Membiarkan wine itu jatuh ke tanah yang dengan segera di injak-injaknya, dan berniat melemparkan gelas itu jauh-jauh sebelum Donghae merebutnya.

“Buang itu di tempat sampah, jangan membuat orang lain yang datang ke sini dengan hati berduka semakin berduka karena terkena pecahan gelas, Song Haven-ssi.”

Haven menatap Donghae dan menggertakkan giginya keras-keras, merasa kesal dengan sikap ikut campur yang selalu ditunjukkan pria itu sejak ia menjadi pengacaranya. Ia kemudian menghela napas dan menatap foto ayahnya, dalam hati memaki-maki pengacara di sampingnya. Setelah memberi hormat dan berbicara dalam hati kepada orangtuanya, ia membalikkan tubuhnya, bersiap untuk pergi saat dilihatnya dua orang yang sangat dikenalnya berdiri di hadapannya. Ia sedikit bertanya-tanya sejak kapan mereka berada di sana sebelum menepis pertanyaan itu dan berjalan melalui mereka begitu saja sampai sebuah suara menghentikannya.

“Haven-ah,”

Dia bisa mendengar suara itu. Suara lembut yang diucapkan dengan sepelan mungkin, namun akan selalu bisa di dengarnya dengan jelas. Tangannya seketika melayang meremas lengan Donghae ketika rasa sakit kembali menyerangnya tanpa peringatan. Tubuhnya bergetar, sebuah kebiasaannya yang ia kira sudah menghilang sejak ia merasakan kehampaan. Sosok itu berjalan mendekat, dan alam bawah sadarnya berteriak, memberi tahunya bahwa sosok itu akan merengkuhnya, menjalankan sebuah kebiasaan lain yang timbul dari kebersamaan mereka setiap saat tubuhnya gemetar ketakutan. Dan entah dorongan dari mana, ia memundurkan langkahnya, bersembunyi di balik tubuh Donghae yang menatapnya tak terbaca namun segera mengulurkan tangan, menahan sosok itu untuk melakukan niatnya.

“Cho Kyuhyun-ssi,” Donghae menggeleng pelan, membuat tubuh pria itu menegang marah. Tak pernah sekalipun ia diminta untuk menjauh dari Haven-nya oleh seseorang! Tangan Kyuhyun terkepal di kedua sisi tubuhnya saat sebuah suara yang lain memanggilnya dan menyurutkan amarahnya perlahan.

“Oppa,” Hyun Ae memutar roda kursi rodanya ke arah Kyuhyun dan mengelus lengan pria itu, sama sekali tak mengetahui pandangan penuh kesakitan Haven. Dari matanya, Haven dapat melihat tubuh Kyuhyun yang tenang dengan sentuhan Hyun Ae, mengirimkan sebuah pisau tak kasat mata lain yang menusuk jantungnya yang sudah berlubang dan berdarah. Tangannya yang meremas punggung Donghae terasa bergetar hebat hingga pria itu tak tahan lagi dan memutuskan untuk berbalik, meraih tangannya dan menempatkannya dalam genggaman erat lalu menariknya berlalu.

“Ayo kita pergi!”

“Donghae oppa,” dengan gusar, Donghae menatap Hyun Ae. Ia tidak tahu mengapa ia merasa segusar ini hanya dengan melihat tubuh Haven yang gemetar.

Dan seolah tak mengetahui getaran hebat di tubuh gadis itu yang membuat giginya bergemeletuk, Hyun Ae tersenyum, “Oppa, ayo kita pergi bersama!”

Yoon Hyun Ae sial! maki Donghae dalam hati, kemudian terkejut atas apa yang telah ia lakukan. Ia menarik napas, mencoba mempelajari emosinya, lalu memilih untuk mengangguk.

***

Pemakaman ini terletak di sebuah area padang rumput hijau dengan tempat yang berbukit dan anak tangga panjang di ujung jalannya, sebuah area yang terlalu indah untuk menjadi kompleks pemakaman. Sepanjang perjalanan, Haven bisa mendengar Kyuhyun menjelaskan tentang area pemakaman itu pada Hyun Ae yang terkadang tertawa bersama dengannya. Dari sudut matanya, ia berulangkali menangkap Kyuhyun merapikan jaket gadis itu dan sesekali membelai rambutnya, seolah itu adalah hal yang biasa dilakukannya. Haven menggigit bibir bawahnya, tak habis pikir kenapa kedua orang itu melakukan ini padanya. Tak bisakah mereka setidaknya berpura-pura merasa bersalah? Tak tahukah mereka separah apa luka yang mereka timbulkan?

“Ah!” Hyun Ae memekik pelan ketika sapu tangannya terjatuh dan tertiup angin, menarik semua mata mengikuti arah sapu tangan itu melayang, kecuali sepasang mata Haven yang terpaku pada tangan Kyuhyun yang berada di pundak Hyun Ae.

Sapu tangan itu terjatuh di dahan pohon beberapa meter di belakang mereka, tak jauh dari tempat kedua polisi yang menjaga Haven berdiri. Kyuhyun berbalik untuk mengambil sapu tangan itu, bersamaan dengan kedua polisi di sana. Membuat Haven tersenyum getir menyadari bahwa ia dikelilingi oleh orang-orang yang tertarik untuk membantu Yoon Hyun Ae.

Matanya lagi-lagi kembali terpaku pada sosok Hyun Ae, hingga kemudian ia merasa seperti diremukkan dengan keras ketika melihat cincin yang melingkari jari manis gadis itu. Cincin yang sama yang dulu juga pernah melingkar di jarinya. Cincin yang dengan air mata ia lepaskan ketika ia berada di balik jeruji besi. Cincin yang Kyuhyun katakan ‘hanya untuk gadis yang akan mendampinginya selamanya’. Ia menghembuskan napas tidak percaya. Cho Kyuhyun memberikan cincinnya pada Hyun Ae.

Ia bisa merasakan air mata membasahi ujung matanya. Dengan hati yang bertambah hancur dan kesepian yang semakin melingkupinya, ditepisnya tangan Donghae yang sedari tadi menggenggamnya lalu berjalan secepat mungkin ke arah Hyun Ae, mengulurkan tangan untuk mendorong kursi roda itu terjatuh ke bawah bukit.

Mati kau, Yoon Hyun Ae!

Ia bisa melihat tubuh Hyun Ae jatuh berguling-guling hingga kemudian mendarat berlumuran darah dalam pikirannya dan semakin berniat menjadikannya kenyataan, saat dua buah lengan dengan gesit memeluknya dari belakang, membalik tubuhnya, lalu menahannya dalam rengkuhannya. Menghalanginya mengeksekusi gadis itu.

“Haven-ssi,” suara Donghae bergetar penuh ketakutan sekaligus kelegaan luar biasa begitu ia bisa menahan tubuh Haven. Ia menatap Hyun Ae yang balik menatap mereka tidak mengerti, sama sekali tidak tahu akan niat yang berada di kepala gadis yang saat ini terus meronta dalam rengkuhannya, memaksanya untuk memeluk gadis itu lebih erat lagi.

“Kalau kau seperti ini, kedua polisi itu akan tahu dan hukumanmu akan semakin berat, Song Haven-ssi,” Donghae mencoba melihat kedua polisi di belakang mereka yang untungnya masih sibuk berusaha mengambil sapu tangan Hyun Ae yang tersangkut. Ia berdoa agar sapu tangan itu tak akan pernah berhasil terambil oleh mereka sebelum Haven berhasil menguasai dirinya, dan mungkin karena Tuhan sedang sangat baik padanya hari ini, ia merasakan rontaan itu berhenti dan menghembuskan napas lega. Terlalu lega untuk melihat mata Kyuhyun yang melebar menatap Haven di balik punggungnya. Kengerian jelas terlihat di wajah pria itu. Ia melihatnya.

Haven terhenyak mendapati ekspresi itu di wajah Kyuhyun. Posisinya yang berada dalam pelukan Donghae, memungkinkannya beradu pandang dengan pria itu. Kau yang membuatku melakukan ini, Cho Kyuhyun. Kening Kyuhyun berkerut dan air mata tampak menggenangi pelupuk matanya. Ia menatap kedua polisi yang kini sudah mendapatkan sapu tangan Hyun Ae dan sedang mengusir beberapa semut pohon dari benda itu. Ketika matanya kembali bertemu dengan Haven, gadis itu tersenyum menyedihkan. Ayo Cho Kyuhyun, buat aku lebih menderita lagi. Katakan pada mereka apa yang kau lihat.

Kyuhyun segera mengalihkan pandangannya, tak sanggup menerima tatapan itu lebih lama. Dibalikkannya tubuhnya, berjalan menuju kedua polisi itu dengan tangan mengepal dan tubuh yang menegang. Bayangan Haven yang berlari dengan tangan terulur untuk mendorong Haven terputar tanpa henti di benaknya. Perasaan ringan yang sempat menghampirinya karena berhasil melihat gadis itu, menghilang begitu saja.

Menyadari langkah kaki Kyuhyun yang semakin mendekat, kedua polisi itu mengangkat wajahnya dan memfokuskan perhatiannya pada Kyuhyun, menatapnya ingin tahu.

“Tuan Cho ingin meminta waktu berbicara dengan Song Haven!” Donghae berteriak gugup begitu melihat bibir Kyuhyun yang mulai terbuka, membuat seolah-olah itulah yang ingin dikatakan pria itu. Kedua polisi itu kemudian menatap Kyuhyun dan Haven yang kini sudah tak berada di pelukan Donghae lagi bergantian, nampak memikirkan kata-kata Donghae.

“Tolong, Pak,” Hyun Ae tersenyum menatap kedua petugas yang tampak semakin kebingungan. Mereka saling bertatapan dan berdiskusi, kemudian mengangguk. Membiarkan Kyuhyun berjalan menuju deretan pepohonan yang cukup jauh diikuti Donghae dan Haven. Tubuh pria itu masih menegang hingga Haven berdiri di hadapannya. Dibalikkannya tubuhnya menghadap Haven, terlihat berusaha keras menahan amarah yang bergulung-gulung di dadanya.

“Apa yang kau lakukan, Song Haven? Semurah itukah nyawa seseorang bagimu?” Kyuhyun mendesis di balik rahangnya yang ia katupkan kuat-kuat. Matanya tajam menusuk Haven yang menatapnya dingin, kembali memasang wajah tanpa ekspresi yang sangat dikenal Donghae.

“Aku ingin dia…”

“Song Haven-ssi!” Donghae memotong kalimat Haven, tahu dengan jelas kata apa yang akan keluar nanti. Meskipun mereka sekarang berada cukup jauh dari kedua polisi yang mengikuti mereka, namun tetap saja ini adalah tempat terbuka. Ada kemungkinan percakapan mereka terdengar orang lain.

Kyuhyun tercekat mendengar kalimat Haven dan tiba-tiba merasa kembali ke saat ia sedang menanyai Haven pertanyaan yang sama di lorong ICU.

“AKU INGIN DIA MATI!”

Kalimat pengakuan Haven saat itu terngiang-ngiang di telinga Kyuhyun. Kalimat yang ia yakini akan kembali didengarnya. Ia menatap Haven dan menyadari sorot mata dingin gadis itu. Gadis malaikatnya sangat terluka hingga memutuskan untuk membekukan hatinya. Pengetahuan itu memukulnya dengan sangat keras, membuat air matanya kembali menggenangi matanya, dan memaksa kedua lututnya untuk berlutut.

“Maafkan aku… maafkan aku…” air mata itu kini tak mampu dibendungnya. Penyesalan dan rasa bersalah menyeruak keluar dari dirinya. Ia tahu sebanyak apapun ia mengucapkan kata maaf, tidak akan pernah cukup, tapi hanya kata itu yang mampu diucapkannya. “Kau boleh membunuhku. Hanya berikan aku waktu untuk bersama Hyun Ae sampai akhir, setelah itu kau boleh menyiksaku… Maafkan aku…”

Topeng tanpa ekspresi Haven pecah seketika mendengar kalimat yang keluar diantara isakan Kyuhyun yang menyayat hatinya. Hatinya bahkan masih terasa sakit melihat pria itu menangis setelah apa yang sudah dilakukan Kyuhyun padanya, tapi kenapa Kyuhyun tak pernah sedikitpun memikirkannya? Tidakkah ia berpikir sejenak bagaimana perasaannya mendengar permohonan seperti itu keluar dari bibirnya?

“Aku yang bersalah. Aku lah yang brengsek di sini. Aku seharusnya tetap di sampingmu dan menahan diriku mati-matian meskipun aku ingin besama Hyun Ae, maafkan aku… aku tidak bisa menahan perasaanku. Aku jatuh cinta begitu saja padanya… Bunuh saja aku, Haven-ah…”

Dan dia bahkan mengatakan ia jatuh cinta pada Hyun Ae di hadapannya.

Haven menatap Kyuhyun yang masih berlutut dengan mata berkaca-kaca, merasakan setiap goresan baru yang ditorehkan pria itu padanya tanpa ia sadari. Berulang kali dalam hati ia memaki dirinya sendiri yang bahkan masih berharap untuk menghapus air mata di wajah pria itu. Pria jahat yang sangat dicintainya.

“Apa kau… pernah mencintaiku?” pertanyaan itu keluar begitu saja dari bibir Haven, pengakumulasian dari rasa sakitnya. Ia menatap nanar pria itu, berharap akan melihat anggukannya, namun ketika dilihatnya Kyuhyun yang tetap terdiam dan semakin menundukkan kepalanya meminta maaf, ia sudah tahu jawabannya.

Ditengadahkannya wajahnya, berharap dapat menelan kembali air mata yang mengancam akan turun. Berharap dapat terjun bebas dari bukit dan mati, atau setidaknya dapat dengan mudahnya berteriak pada Kyuhyun agar membunuhnya saja.

Pria itu hanya menganggapnya sahabat untuk dilindungi. Hanya merasa kasihan padanya. Tidak lebih.

Kata maaf terus terdengar dari bibir Kyuhyun, mengaburkan isakan dan rintihan Haven. Aku sakit, Kyuhyun-ah… sakit karenamu. Di saat isakannya akan berubah menjadi tangisan histeris, ia merasakan tangan Donghae merengkuhnya dalam dekapan yang tidak pernah ia tahu akan sehangat ini. Pria itu membelai rambut Haven dan membenamkan wajahnya pada dada bidangnya. Ingin melindungi gadis itu dari segala rasa sakit yang tak henti-hentinya menyerangnya.

“Hentikan, Cho Kyuhyun-ssi!” Donghae menatap Kyuhyun dengan tajam, sorot matanya menyiratkan keinginannya untuk menghajar pria itu dan membuatnya terbaring koma di rumah sakit. “Berhenti memintanya membunuhmu, karena seperti kau yang berusaha keras membuat hidup Hyun Ae lebih lama, aku akan menghalanginya untuk merusak jiwanya sendiri lebih dari ini demi pria yang tidak pernah mencintainya.”

Kyuhyun termenung mendengarnya. Ditatapnya Donghae melalui matanya yang masih penuh dengan air mata dan mendapati Donghae yang memeluk Haven untuk meredakan gemetaran dan rasa sakit gadis itu. Hal yang selama ini menjadi tugasnya. Ia merasakan jantungnya diambil paksa dari dadanya melihat pemandangan itu. Menyadari bahwa ia sudah mendorong gadis itu terlalu jauh darinya dan tidak bisa lagi memintanya untuk berada di sisinya, dengan status apapun. Masa-masa sepuluh tahun itu terputar kembali di benaknya, membuatnya memejamkan mata menahan rasa sakit kehilangan seseorang yang ia yakini tidak akan pernah meninggalkannya apapun yang terjadi. Kenapa sesakit ini rasanya?

Seolah melihat rasa sakit Kyuhyun, Donghae semakin mempererat pelukannya. Berniat membawa gadis itu menjauh dari sumber rasa sakitnya, mengumpulkan puing-puingnya dan mencegahnya semakin hancur lagi.

“Kau tahu, Cho Kyuhyun-ssi? Bahkan seekor kelinci pun akan menggigit jarimu hingga putus jika kau mengambil hal yang sangat berarti baginya.”

***

Manik mata gadis itu tetap hitam dan indah seberapa seringnya pun Donghae menatapnya, mengingatkannya akan langit di malam hari. Ia menghirup napas lega memikirkan vonis hakim yang baru saja dijatuhkan untuk gadis itu. Berkat kesaksian Kyuhyun dan tidak adanya niat Hyun Ae untuk menuntut Haven lebih berat lagi, hukuman teringan yang mampu di perjuangkan Donghae pun berhasil.

Ia mendesah pelan saat gadis di hadapannya tak kunjung berbicara. Sejak kejadian di pemakaman, Haven menjadi semakin pendiam dan semakin diliputi rasa kesepian yang pekat, yang ingin sekali dirobek oleh Donghae dengan pisau. Padahal waktu sudah berjalan dalam hitungan bulan sejak hari itu, dan meskipun ia merasakan Haven telah mulai bisa menerima kehadirannya, gadis itu tetap seolah berada di sebuah pulau terpencil seorang diri.

Donghae mengacak-acak rambutnya frustrasi, lalu mengulurkan tangannya. Menggenggam kedua tangan gadis itu yang terjalin di atas meja, berharap memberinya kehangatan dan mampu merubah tatapan dinginnya. Tapi gadis itu tetap sama, hingga Donghae berteriak kesal. Saat ini ia akan memberikan apapun agar sorot mata itu dapat berubah!

“Hentikan!” Untuk pertama kalinya, Donghae berkata dengan sangat tegas dan keras pada Haven, membuat pandangan gadis itu terkunci padanya. “Lepaskan Cho Kyuhyun dan biarkan ia bersama Hyun Ae!”

Hati Donghae serasa diremas melihat kesakitan yang muncul menemani kebekuan di mata terindah sekaligus terdingin yang pernah dilihatnya itu.

“Sepuluh tahun Kyuhyun menjagamu, tidak bisakah kau menganggap ini sebagai balas budi atas tahun-tahun itu? Cho Kyuhyun tidak mencintaimu, Song Haven-ssi. Terima kenyataan pahit itu sebaik kau menerima kenyataan bahwa kedua orangtuamu sudah meninggal! Jangan buat tubuhmu menderita karenanya. Jangan andalkan siapapun lagi dan buka dirimu. Tidak tahukah kau kalau kau seperti ini karena kau selalu menutup dirimu dan hanya membiarkan Cho Kyuhyun untuk masuk?”

Haven terdiam, meresapi kata-kata panjang Donghae yang bagai menamparnya. Ia merasakan genggaman Donghae di tangannya mengerat, menghalangi keinginannya untuk menepis tangan nyaman itu.

“Enam bulan. Bertahanlah di sini sampai enam bulan lagi. Anggap ini sebagai healing camp, dan keluarlah enam bulan lagi sebagai Song Haven yang baru. Song Haven yang lebih kuat dan yang lebih mudah bergaul, Song Haven yang menjadikan luka di hatinya saat ini sebagai pelajaran yang berarti untuk memulai hidup lebih baik.”

Kening Haven berkerut, mengekspresikan keraguan yang masih enggan disuarakannya.

Donghae mengangguk dan tersenyum optimis, sikap yang muncul akibat kehidupan keras di masa lalunya. “Percayalah, kau seorang yang hebat. Tidak ada hal yang tidak bisa dilalui di dunia ini. Enam bulan lagi…” Donghae menghentikan kalimatnya, menghirup napas dalam lalu menggigit bibir bawahnya. Ragu-ragu untuk menyampaikan keinginannya yang entah sejak kapan terlintas di pikirannya, “…dan kau bisa pergi bersamaku kalau kau mau. Aku sedang berpikir untuk berkarir di Dublin, Irlandia. Kau bisa memulai hidup yang benar-benar baru di sana.”

Mata Haven meredup, teringat kalimat yang hampir sama yang pernah diucapkan Kyuhyun padanya saat kedua orangtuanya meninggal dunia. Donghae yang seolah menyadarinya, membawa tangannya yang masih dalam genggamannya ke bibirnya dan menciumnya sekilas dengan lembut, mengejutkan Haven.

“Aku tidak akan berkata akan menjagamu selamanya. Kau harus bisa menjaga dirimu sendiri. Aku hanya akan membantumu dan kita lihat saja kemana masa depan akan membawamu.”

Haven tak mampu lagi menyembunyikan rasa skeptisnya. Ia mendengus sinis dan memamerkan senyum separuhnya, “Masa depan? Apa yang bisa ku lakukan? Aku tidak akan bisa menjadi dokter lagi.”

“Kemampuan dan hatimu itu tidak hanya berguna sebagai dokter, Haven-ah,” Donghae tersenyum dan mengusap tangannya yang berada dalam genggamannya, menyukai panggilan barunya pada Haven. “Kau bisa menjadi pekerja sosial, asistenku… atau bahkan istriku,” diangkatnya kedua bahunya dan tertawa geli saat melihat ekspresi terkejut Haven mendengar kata terakhirnya, merasa puas menyadari kebekuan di mata indah gadis itu mulai meleleh dan menampakkan sedikit harapan.

Mungkin enam bulan lagi ia bisa menjadi orang yang lebih baik… Apa salahnya menunggu dan mencoba?

-The End-

158 Comments (+add yours?)

  1. kyuwifeu
    Jan 06, 2014 @ 06:50:57

    Pagi. Baru megang hp on twitter dan ternyataa sequel nya udhh di publish oh gosh !! Sedih meeeeen !! Kenapa ga dijadiin part aja *ngarep* reader gatau diri* wkwk aaaaa ini harus ada sequelnya jg hehe kidding. Aku ngerasa klo disini cast utamanya donghai sm haven kah? Aah beda sm yg the antagonis itu. Jd gedeg bgt sm si kyu tp ini bukan salah dia sepenuhnya jg si TT bagian untuk bikin end nya keren aku suka. Jarang ada author yg bisa bikin end nggegantung pas..ada yg keliattan di paksain ttp ini nggaa. Good job. Ditunggu ff yg lainnyya ^^

    Reply

  2. aLice-kim
    Jan 06, 2014 @ 07:56:01

    bete ma kyuhyun!!!!!!!!!!!!!!!!!!!kejam bgt dia.,harusnya kyuhyun menderita seumur hidupnya itu!!!!!!!!!!!!!!!

    Reply

  3. trisnasmile
    Jan 06, 2014 @ 07:58:10

    Keren bangeeeeeeet…..

    Reply

  4. lutkyu
    Jan 06, 2014 @ 08:12:42

    huaaaaa kassian bgt heavennya thor tapi sumpahhhhhhh sekennnn bgtttt!!!! aq sukaaaaaa aaaa thor sequel lgi . bkin kyu makin nyesel. senyesel2nya hahaha
    bau kali ini aq seneng kyu di kaya giniin. itu hyun ae jahat bgt ya. kayanya bner deh kata ryeowook . aq hampir saja nangis thor kalo ga inget ini di bus hehe . oke good job thor! sequel lg please. 😀

    Reply

    • Retz
      Jan 06, 2014 @ 11:54:18

      makasih udah baca..
      gak papa nangis aja di bus, biar kayak di sinetron2.. *halah*
      once again, thq yaa..

      Reply

  5. tyafeya
    Jan 06, 2014 @ 08:46:22

    huwaaaaa….sumpah pengen nangis…………………………ToT
    kyu bner2 g peka,knpa dia itu g jujur dri dulu.hyun ae juga wlpn dia baik tp teetp aja dia g peka.

    Reply

  6. Monika sbr
    Jan 06, 2014 @ 08:48:44

    Ahhhh…. Bagus thor, bkn sequelnya lg dong. Bikin tentang haven, setelah keluar dari penjara dan kehidupannya dgn donghae dong…….

    Reply

  7. inggarkichulsung
    Jan 06, 2014 @ 08:57:06

    Wah daebak sequelnya.. kayaknya memang lbh baik Haven bersama Donghae oppa agar jiwa nya stabil kembali dan sepertinya Haven tdk akan kesepian krn Donghae oppa berjanji u membantunya menyambut masa depan dan biarkanlah Kyu oppa skrg bersama Hyun Ae meskipun dahulu yg membuat Haven percaya ada org yg tdk akan meninggalkannya tp justru meninggalkan dgn meninggalkan jejak cinta di hati Haven

    Reply

  8. annie
    Jan 06, 2014 @ 09:13:53

    oh my god oh my god kenapa ngegantung lagiiiii???? padahal tinggal ditambahin scene terakhir haven sama donghae ke irlandia. aaaaahhh. tapi ya sudahlah aku bayangin sendiri aja haha
    kereeeennn banget ceritanya, akhirnya sequel muncul jugaaaaaa. asik banget bacanya. tapi kasian havennya ga pernah senyum, malah bete sama hyun ae -_________-

    Reply

  9. sheepptii pumpkin
    Jan 06, 2014 @ 09:15:49

    baik di part antagonis mau pun di darkness ini.. menurutku yang jahat itu justru kyu2 ma hyun ae..
    dan Karena tidak ada putih yang benar-
    benar putih itu buat hyun ae, aku malah muak dgn sikap dia yg sok baik krna te2p mempertahankan kyu2..
    dan hitam yang tdk benar-
    benar hitam buat haven.. intinya ak mlh mendukung haven dlm soal ini.. ha..ha..ha..

    Reply

    • astri elfishy
      Jan 06, 2014 @ 12:00:15

      setujuuuuu !! sma kmu…aq jga jdi sbel sma hyun ae !! whehe

      Reply

    • Retz
      Jan 06, 2014 @ 12:00:48

      Yup, emang itu yang author mau sampein. Gak ada orang yang sepenuhnya baik ataupun jahat di dunia ini. Kita mesti melihat mereka lebih dalam lagi.
      Makasih ya udah baca.. 😀

      Reply

      • Lee heeso
        Feb 02, 2014 @ 13:39:59

        SeSuju thor, seperti aku liat drakor. Mereka yg jadi jahat karna awalnya tersakiti dan akhirnya sadar karna kebaikan. Tp disini aku ga mihak yg mana2 diantara mereka ber4. Mereka semua hanya ingin mempertahankan cinta mereka.

  10. song saekyung
    Jan 06, 2014 @ 09:19:48

    Dibikin part tor. Ngarep…. bisa ngebayangin dah jd song haven pasti sakit bgt hatinya…..

    Reply

    • Retz
      Jan 06, 2014 @ 12:02:12

      Author belum ada ide panjang kalau buat bikin part..
      Mian.. masih amatiran.. hehehe..
      makasih ya udah baca..

      Reply

  11. Han Rae Yoo
    Jan 06, 2014 @ 09:25:59

    sumpah gedeg banget sama kyu nya, ak gk bisa benci heaven soalnya dy berbuat kaya gtu juga karna si kyu yang nyebelin >.<
    dtunggu squelnya lagi thor ^^

    Reply

  12. penikmatlangitsenja
    Jan 06, 2014 @ 09:26:28

    aku ga suka cewek2 model hyun ae!!! sok baik hati tp sengaja banget dateng k pemakaman itu, pake cincin dr kyu pula…eeeeuuhhh…bnr2 wanita menyebalkan! mati aja deh yg kayak gitu mh..heu

    Reply

    • Retz
      Jan 06, 2014 @ 12:04:42

      Tapi sayangnya orang kayak gitu emang eksis di dunia nyata..
      *elus dada bareng2* sabaaarrrr..
      makasih ya udah baca.. ^^

      Reply

  13. kyunaiy
    Jan 06, 2014 @ 10:04:42

    sequel yg butuh sequel…!!
    kenapa gw pingin bunuh kyuhyun di sini…???
    liat hyun ae tu kya liat ji hyun d 49 days.. orang yg ga sadar klo niat baik ga selalu berdampak baik….
    daebak…!!

    Reply

    • Retz
      Jan 06, 2014 @ 12:06:16

      Mian, Author amatiran ini emang lebih suka bikin ending yang gantung gini.. hehehe
      Makasih yaa udah baca..

      Reply

  14. setia
    Jan 06, 2014 @ 10:31:08

    aku sangat sangat suka endingnya. terutama saat donghae bilang “Kau
    bisa menjadi pekerja sosial,
    asistenku… atau bahkan istriku,”
    yah manusia paling baik di dunia jg bisa jd jahat klo disakitin aplg oleh cinta.haha

    Reply

  15. janefelicia28
    Jan 06, 2014 @ 10:32:23

    SEKUEL LAGIIIIII !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Reply

  16. smil3leery
    Jan 06, 2014 @ 10:36:17

    Suka banget sama FF yang ini,,,
    Kalau di lihat dari berbagai sisi, jadi bingung siapa sebenarnya yang salah,,
    Tapi suka sama endingnya,,
    Dan mudah-mudahan ada sequel yang menceritakan kalo Haven-nya bahagia sama Hae, jangan di bikin menderita teruus yaa,,

    Keep writing.. ^^b

    Reply

  17. AnnA
    Jan 06, 2014 @ 10:49:22

    god job thor (y) donghae penyelamat heaven mungkin :3 ngarep sequel lagi *eh
    lanjutkan karyamu thor, pengen liat ff mu yang lain :v

    Reply

  18. ckh12312
    Jan 06, 2014 @ 11:13:47

    mau squel lg dong .. kkkk
    suka bgt sma ni ff .. lnjutin masa dpannya sma donghae .. klo bisa si hyun ae mninggal dy kan udh kanker stadium akhir .. masa gk gk mati” .. trs kyuhyunnya mnyesal dh .. hehehehe ok dh cukup ni ff bagus bgt .. fellnya dpet bgt .. keep writing 🙂

    Reply

  19. Shin Hyun Hee
    Jan 06, 2014 @ 11:28:10

    Arrrggghhh aq bner” pngen bnuh tu hyun ae…sok baik …cih
    u/ kyuhyun,, astaga dy bner” g pka y…ini ff prtmna yg bwat aq bnci ma kyuhyun….
    aq rsa dsni bkn mrka yg jd krbn,, tp haven… ahhh aq ska donghae d sni…dy bsa ngendali’n emosi haven,, dy jg mw jd pnopang’ x…
    n’ u/ authorx…d bthkn sequel k2 klo bsa d bwt part….
    bwat crta ttng haven ma donghae,, hyun ae d bwt mati j trz kyuhyun nyesel udh ninggalin haven…
    #snyum evil
    aq pngen kyuhyun ngrasain p yg d rsain haven…biar tw rsa dy!!!!

    i like you’re story 🙂

    Reply

  20. astri elfishy
    Jan 06, 2014 @ 11:51:14

    waaaahhhh…akhirnya nongol jga squelnya the antagonist… kkekkke
    aq hrap ada squelnya lgi…kkkekke dan buat kyuhyun nyesel krna dia udh ngelepasin haven dan trnyat kyuhyun emang cinta sma haven.. whehehe

    Reply

  21. Minerva
    Jan 06, 2014 @ 11:51:44

    Thor!!!!! Sequel lagi dong *kedip mata* … Aku benci banget sana hyun ae ! Tipe tipe yeoja sok baik padahal mah jahat dan egois!!! Please bikin Kyu nyesel dan sadar kalau sebenernya dia cinta sama haven.. Tapi tetep Haven harus sama Donghae.. Buat si Hyun Ae, bikin dia mati aja , tapi sebelum mati siksa dulu thor dengan kenyataan kalo Kyuhyun sadar dia cinta sama Haven, dan ga bisa jauh dari Haven.. Hehheehe gomawo thor… Ff mu DAEBAK

    Reply

  22. feby goh
    Jan 06, 2014 @ 11:59:39

    Ъќ>:/ blh end thor mst ada kelanjutan hubungan heappa ma haven and must happy ending. And for kyuppa buat dia sakit hati thor t balasan buat dy #dihajarsparkyu ​​​​°•(>̯-̮<) hihii….•°

    Reply

  23. Dian fishy
    Jan 06, 2014 @ 12:24:55

    Keren bangetttttt…. SAma sprti kyuhyun yg Jadi obat putus ASA buat Hyun ae…
    Donghae juga hadir buat Haeven…

    Ga tau Kenapa… Ttp Kasian ma Haeven Dan ttp kesel ma Kyu…

    Pengen tau gmn Nasib Kyu setelah HyunAe mati sementara Haeven hidup dgn bahagia…

    Thor buat.. Sequel lagi yahhh…

    Reply

  24. winda hapsari f
    Jan 06, 2014 @ 12:57:23

    huuaaaa…. Ini ff keren badai #ngalahinbulumatasyahrini
    Suka bgt ama ff ini,,waktu bca antagonis itu kesel setengah mati ama kyuhyun dan slingkuhannya,, aku nangis bcanya,, kasian haven,, ini harus ada sequel lg thor #maksa
    Haha..
    Keren bgt pokoknya.. Salut ama teteh author 😀

    Reply

  25. Retz
    Jan 06, 2014 @ 13:17:59

    Makasih semuanya karena udah baca, suka, dan mau comment..^^
    Buat yang mungkin ngerasa masih kurang sreg, Author minta maaf karena ini pertama kalinya author bikin sequel.. *bow
    Sekali lagi makasiiihhh… o ya, maaf krn g bisa blz semua comment.. 🙂
    love yaa all.. :*

    Reply

    • wonma
      Jan 06, 2014 @ 15:54:25

      Wah lanjut sequel ya kalo bisa lagian kaya hidupnya hyun ae itu nanggung bgt mau mati tp msh mau sama kyuhyun kalo misalnya nikah jg paling keburu mati terus kalo misalnya udh meninggal kyu sm siapa? Mau balik ke haven? Apa nyari yg lain?..

      Reply

      • Retz
        Jan 06, 2014 @ 19:20:26

        Wahh,, sequel lagi??
        hmm,, nti malah berasa kayak sinetron y kebanyakan sequel.. hahaha..
        author pikir2 dl yaa..
        makasih udah baca.. ^^

  26. zi_
    Jan 06, 2014 @ 13:25:20

    oh ternyata Kyuhyun cuma anggep Haven sebagai saudara yang harus ia lindungi. Kyu menyesal karna gak bisa mempertahankan janjinya untuk selalu berada disisi Haven melindungi Haven selamanya.
    Tapi gimana dengan penyakit Hyun Ae? Ada keajaiban kah? XD

    Reply

    • Retz
      Jan 06, 2014 @ 13:29:01

      gak ada. Tetep sakit dan akhirnya nanti mati.
      Hahaha..
      Tapi author pengennya cerita sampe sini aja.. let’s just make another version of Happy Ending for both of them.. hehehe..

      Reply

  27. zi_
    Jan 06, 2014 @ 14:03:05

    yah Retz kenapa Kyu lebih milih cewek yg sebentar lagi mati sih.? Ini mah sequelnya Kyuhyun bakal ketemu aku sebagai belahan jiwa yang sesungguhnya :V
    Aku tunggu karyamu yang lain^^ maincast Kyu lagi yak mwehehe

    Reply

  28. riyan listiyani
    Jan 06, 2014 @ 15:02:20

    Ini benar benar membuatku emosi dan sedih. Haven, betapa hancurnya dia. Hingga dia terpuruk dalam kegelapan. Keinginannya untuk membunuh Hyun Ae. Rasa sakit, kesepian, ketakutan dan iri. Oh my!!!! T.T
    Sequelnya berhasil membuatku netesin air mata, sama dengan ” the Antagonis ”

    Dan syukurlah ada Donghae disisi Haven.

    Reply

  29. laini
    Jan 06, 2014 @ 15:08:43

    Sumpah ffnya keren.
    Berhasil aduk emosiku. Sosok Haven yang tampak jahat di luar dan rapuh didalam. Kebencian, kehancuran, tersakiti, terhianati, dan kesepian. Hingga membuatnya masuk dalam kegelapan. Oh my!!!!!

    Dalam hal ini sulit untuk menentukan siapa yang antagonis di sini. Bahkan bisa juga mereka bertiga.

    Reply

  30. iz Kim
    Jan 06, 2014 @ 15:16:51

    iiiiihhhhhh……aq benci bgd sm kyu n hyun ae bnr” ga pny hati 2 org itu.
    hyun ae tega bgd ngambil tunangan org,pdhl awal’y jg dy bkn siapa”,brani bgd ngambil tunangan org cm krn dy skit,knp ga mati aj.
    kyu jg,masa 10th kebersamaan mrka jd ga brarti cm krn hyun ae,klo mnrt aq dsni tuh jahat bkn haven tp hyun ae.
    aigooo..aq komen’y jd marah” gini ya mianhae tho 🙂 cz emosi bca’y hehe…

    Reply

  31. simbawonnie407
    Jan 06, 2014 @ 15:47:46

    Waa authorrr daebakk kerenn!! Feelnya daapt bgt disini thorr..
    Gimana nih thor selanjutnya kisah cinta hyun ae-kyuhyun-haven?? Dan gimana juga nasibnya donghae?? Akankah ada sequel lagi thor??
    Akan selalu ditunggu kalo author mau kasi sequel lagi..:)

    Reply

    • Retz
      Jan 06, 2014 @ 20:20:26

      Makasihh.. 🙂
      buat sequel, author kayaknya gak bisa janjiin deh.. mian.
      Biarlah sampe sini aja dan mereka semua happy ending dg orang yg mencintai mereka, meskipun hyun ae umurnya gak panjang sih ya.. hehehe
      *author tumben baik hati.. 😀

      Reply

  32. wonma
    Jan 06, 2014 @ 15:50:30

    Ah keren bgt sebenernya menurutku haven ga jahat2 bgt sih ya diakan sakit hati jadinya gitu…
    Lanjut ya thor kisah masa depan haven di irlandia atau di. Seoul lagi mungkin?

    Reply

  33. Angelica MICHO Sakurada
    Jan 06, 2014 @ 15:52:06

    ahh … knpa end ? ? ? pdhl ni ff kren bgt …
    pas bca ni ff rsanya gw pngen bgt nyekek kyu yg udh bkn haven menderita, sekalian jg tu si cwek muna hyun ae pngn gw jrkin biar mati udh rsek s’ baik …
    untng ada donghae yg bisa nenangin haven 🙂
    please dong thor sequel bikin haven bahagia dan kyu menderita #kejam
    Please please please

    Reply

  34. mychococho
    Jan 06, 2014 @ 15:59:36

    beneran ga boong td aq nangis pas bc haven ma kyu ngomong bedua…. Nyeseg abizzz.. Padahal aq org nya jarang bahkan cenderung ga pernah nangis gegara ff…

    Penggambaran nyeseg nya begitu real.. Kyaa suka pokoknya!!

    Karya laen adakah?? Pengen bc!! Cz rasanya uda cocok ma tulisan author-nim 🙂

    Reply

  35. Amalya
    Jan 06, 2014 @ 16:11:49

    Aishhh… CHO KYUHYUUNN!!!!!!!
    kenapa kau lebih memilih orang yg baru kau kenal daripada Hyun Ae yg sudah 10 tahun kau kenal?????? Dimana hatimu????
    #mian kebawa emosi wkwkwk
    Baru kali ini saya benci sama kyuhyun cuma gara” baca ff.
    Keren bangetttt thor. 10 jempol buat arthornya. Sequel lagi boleh???

    Reply

  36. Lee rae re
    Jan 06, 2014 @ 16:14:26

    Aaa kereen thorr , bikin sequel lagi dong kalo bisa keke
    Disini aku malah sebel bgt sama si kyuu , buat sequel lagi yah thor , bikin si kyu jadi nyesell senyesel nyeselnya gara gara udah gituin si haven keke

    Reply

  37. Love
    Jan 06, 2014 @ 16:24:24

    cih… thor aku jadi kesel banget sama kyuhyun.
    thor buat sequel lg, jadi happy ending sama donghae.
    buat kyuhyun menyesal thor!!!!!!
    *kebawa emosi

    hehe mian thor, soal nya kesel banget. ya thor buat happy ending sama donghae, & buat kyuhyun MENYESAL..!!!!

    Reply

  38. Nadifah Nurani
    Jan 06, 2014 @ 16:36:45

    Aku rsa kyu sm hyun ae egois,beda sma yg di the antagonist.. .. ..

    Reply

  39. GyuHae
    Jan 06, 2014 @ 16:43:45

    Aikkkkkkkkk cerita’a semakin seru cetar-cetar. 😀 aku suka. Thor dibuat chapter agar lebih seru, ada baik’a pula kalo misalkan emang mau niat dibuat chapter pun author hrs menggambarkn kehidupan 2 namja n 2 yeoja itu. Ini terlalu sayang untuk END.

    Reply

  40. leetaerisparkyu
    Jan 06, 2014 @ 17:24:49

    gk nyangka havennya bsa sjhat itu krna kyuppa kren thor
    FIGHTING Thor

    Reply

  41. idid
    Jan 06, 2014 @ 17:46:18

    uwaaa keren thor!! sequel lagi dong hahaha 😀 feelnya kena (y) keep writing!

    Reply

  42. Dewi Puji Astuti
    Jan 06, 2014 @ 17:49:02

    lanjutkan lagi squelnya thor. sumpah ini cerita ngenak bgt di.hati. pas baca tu rasanya kayak ngalamin apa rasa sakit heaven jga. keren deh pokoknya.

    Reply

  43. eunkyuphiet
    Jan 06, 2014 @ 18:12:12

    Demi Tuhan, aku pengen banget Hyun Ae mati.. Biar deh Haven di penjara tahunan, tp yang pasti Haven udah puas banget Hyun Ae mati.. Hyun Ae itu kaya iblis dalam balutan malaikat, menurutku! Ini ff, feel nya oke bgt,, sampe gemes sendiri aku bacanya.. Good job…

    Request boleh? Bikin sequel nya lg dong,, tp hyun ae nya mati, trs kyu baru nyadar klo dia cinta sama haven, tp maaf2 aja haven nggak bisa balik lagi sm kyu, krn haven udah hidup ayem sama donghae… Trs krn depresi, akhirnya si kyu bunuh diri atau nggak jd gila #nah lho, tragis bgt# hahahahahaa…

    Maaf ya, kalo comment nya panjang 🙂 *bow

    Reply

    • Retz
      Jan 06, 2014 @ 19:39:05

      Hahaha.. sadis bgt yaa..
      ceritanya segini aja gmn? biarlah mereka semua bahagia..
      *author ketularan sok baek.. hahaha
      makasih ya udah baca.. ^^

      Reply

  44. kyunie~
    Jan 06, 2014 @ 18:22:44

    Huaaaa daebak!!
    Pokony ingin sequel ya eon><
    Aku ingin liat heaven bahagia sm donghae dan buat kyuhyun bnr2 nyesel udh jahat ke heaven hihihi
    So l'ii waiting there~ (sequel) xD *maksa

    Reply

  45. Indah Ayu Lestari
    Jan 06, 2014 @ 18:40:27

    Maaf baru ninggalin jejak di sequelnya yah..
    Krna aku baca the antagonist nya juga baru hari inii.. Hhehee

    Ide ceritanya keren banget, bakalan ada sequenya lagi gak nihh ? #ngarep 😀

    Reply

  46. dianane
    Jan 06, 2014 @ 18:51:40

    Kasian haven….kyuhyun jgn dibikin bahagia deh –“

    Reply

  47. yua
    Jan 06, 2014 @ 19:24:52

    menurutku pesan dr ff ini udah tersampaikan kok authornim.
    sekuel lg ada? 😀
    authornya ada blog pribadi ga?aku suka tulisannya.hehe

    Reply

    • Retz
      Jan 06, 2014 @ 19:46:31

      Sequel lagi?? hmm,, sampe sini aja gmn? kn ini emang ff2nya bernuansa gelap.. nti kl sequel lg takutnya author amatiran ini malah melenceng ceritanya.. hahaha..
      Blog pribadi blm ada.. cz baru2 aj nyoba nulis ff.. kl ada waktu, search aja di sini tulisan Retz yg lain.. 🙂
      Makasih y udh baca..^^

      Reply

  48. lee haevhi
    Jan 06, 2014 @ 19:42:52

    kenapa gak langsung mati aja si hyun ae nya! dasar udang dibalik batu aspal >.< #gaje
    disini aku benci bgt sama bang kyupil, apa maksud nya coba? kasian kan haven nya! 😥 *bercucuranairmata
    daebak dooor:) terus aja bikin ff yg bisa bikin orang yg ngebacanya jdi nangis guling2an di lantai #lebayXD
    Sekuel dhoooor

    Reply

  49. hwang yeonhee
    Jan 06, 2014 @ 19:55:28

    yeah! Akhirnya haven ketemu org yg bener2 cinta sama dia. Nyesek gila jadi haven. Kyuhyun disini ngeseliiin!! Sekuel lg dong, hehehe tp khusus havenxdonghae aja

    Reply

  50. tasyaaquamarine
    Jan 06, 2014 @ 20:28:08

    Huaaaaa feelnya kerasa banget gilaaaaaa jd kerasa benci terhadap hyun ae dan kyuhyunnya keren keren

    Reply

  51. diana
    Jan 06, 2014 @ 21:03:48

    Nyesekkk banget benar2 bikin sakit hati yg paling dalam gak kebayang deh jadi hevan huft jangan Sampai #kok curhat.
    Kyu mudah2an kau menderita

    Reply

  52. flo
    Jan 06, 2014 @ 22:27:31

    Omg omg omg ,, thor kereen bengettttt sumpaaah ,, kesian sama haven nya , hyun ae egois ambil tunangan orang . Buat kyuhyun tambah nyesel plisss thor .. Squeel squel squuel !!! Bacanya sampe nangis nangis TT

    Reply

  53. flo
    Jan 06, 2014 @ 22:28:37

    Omg omg omg ,, thor kereen bengettttt sumpaaah ,, kesian sama haven nya , hyun ae egois ambil tunangan orang . Buat kyuhyun tambah nyesel plisss thor .. Squeel squel squuel !!! Bacanya sampe nangis nangis TT,, btw ada blog ga author ?

    Reply

    • Retz
      Jan 07, 2014 @ 07:50:10

      Sequel lagi? XD
      gak tau ya kalo itu.. hahaha
      author blm punya blog.. masih amatiran soalnya dan baru berani ngirim tulisan2nya di sini.. 🙂
      makasih y udah baca..

      Reply

  54. Naya Kha
    Jan 07, 2014 @ 06:40:33

    Ksian bgt haven ny…
    Donghae sm haven aj dech…tp buat kyu mkin nysel y thor…
    D tnggu sequel ny…

    Reply

  55. Mrs.Dimple
    Jan 07, 2014 @ 10:40:39

    Ini ff keren banget, feelnya dapet, serasa baca novel…

    Reply

  56. MissSilmii
    Jan 07, 2014 @ 11:04:10

    bikin sequel lagi dong yang Kyunya tambah nyesel. bikin mati aja Hyun Aenya.! dari awal baca antagonist bawaannya emosi (?) terus baca ff ini. sama banget kayak aku. bedanya aku bukan dokter, tapi sama sama dihianatin cowo brengsek!

    Reply

  57. reniyanti2013
    Jan 07, 2014 @ 11:47:38

    Nggak percaya… ternyata ada sequelnya… di part ini baru tau ternyata kyu nggak mencintai haven…. ikut sedih bacanya… donghae jd dewa cinta ja ya….smg msh ada sequel yg lain lg#ditabokauthor…

    Reply

  58. ainikyu
    Jan 07, 2014 @ 11:56:42

    daebak!!!

    Reply

  59. varaarouvhs
    Jan 07, 2014 @ 12:45:55

    kyknya kalo ga bikin kyu menderita bgt, pembaca ga bakal berhenti minta sequel lagi deh,, hahaha.. masih agak gantung, belum ceritain kehidupan dgn hae,, good job, bikin nahan napas bacanya..

    Reply

  60. kyukyu
    Jan 07, 2014 @ 20:28:25

    THOR, gue suka critanya. tapi gue ga suka sma sifat lemah kyupabo itu -.-
    tapi keren thor ! hahhaa ditunggu ff slanjutnya. keep writing thor :*

    Reply

  61. kyuhae03
    Jan 07, 2014 @ 21:04:00

    suka sama ceritanya. kyuhyun php banget! tapi jujur ya aku lebih suka kyuhyun sama haven ini menurut ku yaaa. kesian haven menderita kek gitu 😦

    Reply

  62. Park jihyun
    Jan 07, 2014 @ 21:06:21

    woaaa seruu thor tpi masih gantung..masih perlu sequel ._.
    kyuhyun sama hyun ae gimana thorr??!
    sequel juseyo 🙂

    Reply

  63. onit25
    Jan 07, 2014 @ 22:22:13

    yg pling kasiaan d sini si haven ….dya yg pling mnderita….udah tunangannya d ambil cwe laen trus harus nrima knytaan cwo yg udah brsama slma 10 taon trnyta gk mncintai nya….sumpah itu nyesek bnget
    dan si kyu ma hyun ae bnar2 gk peka …justru gk suka dngan sikap hyun ae yg brsikap baik pda haven…apadeh itu udah ngerebut tunangan org jga….
    yaa wajar deh klo haven brubah jdi jahat kya gtu…..

    Reply

  64. Mrs Choi
    Jan 08, 2014 @ 11:33:28

    Keren!!!! Authornya hebat bikin kita yg baca jadi sebel banget Sama ke plinplanan Kyu dan ke sok polosan Hyun ae rata” bersimpati sama Haven, terus terang gue juga nagih sequel hehehe pengen aja liat donghae ma Haven Happy ending n penasaran gimana kehidupan Kyu setelah Hyun ae mati apakah bisa move on dengan cepat karena adalagi pasien sejenis Hyun ae? Sequel pliiiiiiis><

    Reply

  65. Hyvkhae
    Jan 08, 2014 @ 19:51:19

    min gila keren! Sampe nangis bacanya T.T
    Minta sequel lagi dong ._. Penasaran sama takdirnya haven~ haha

    Reply

  66. Hyvkhae
    Jan 08, 2014 @ 19:51:42

    min gila keren! Sampe nangis bacanya T.T
    Minta sequel lagi dong ._. Penasaran sama masa depannya haven~ haha

    Reply

  67. izaas khairina
    Jan 08, 2014 @ 20:22:21

    oh my to the god.. gak bisa comment… keren banget. ditunggu ff selanjutnya thor

    Reply

  68. Elisa mila
    Jan 08, 2014 @ 21:08:35

    Astaga cho kyuhyun kejam banget si T.T nangis saya bacanya. Baru baca sequelnya ni maaf bru bisa komen skrang. Hadoh air mata saya masih setia ngalir gara2 haven, gk kbayang jadi dia 😥

    Reply

  69. Ainis Tuladha
    Jan 08, 2014 @ 21:12:53

    Hello author 🙂
    aku nangis loh baca ini ;( sebel bgt sm kyu & hyun ae !! Walaupun haven jahat,aku kasihan sma haven ;( bikin sequel lg ya author?
    Mnurutku FF mu yg ini pny keunikan tersendiri 🙂 dpt bnyk manfaatnya..

    Reply

  70. Reysa
    Jan 09, 2014 @ 01:01:02

    yah aku telat…maaf thor,
    thor kasih squel 1 lagi thor, lihat endingnya, hehe
    aku suka banget sama ff ini, baru kali ini aku baca ff yang benar2 berbeda dan menyetuh, sampai nangis2, padahal biasanya aku nggak suka ff sad, tapi ini beda, feelnya dapet baget
    aku jadi kaya Heaven.

    tuh Kyuhyun jahat banget, rasanya pingin kujadiin bakwan, haha ^^

    Reply

  71. nan
    Jan 09, 2014 @ 01:31:55

    keren bgt ceritanya! biasanya aku paling garela kalo baca cerita yg nantinya sicewek jd ga sm kyuhyun, tapi yg kali iini aku rela bangeettt ngeliat kalo kyuhyunnya kaya gitu mahh-_- aku pengen bgt ada sequelnya lagi thor..bikin song haven bahagia, kasian haven menderita trs aku nangis2 loh bacanya u,u

    Reply

  72. YK
    Jan 09, 2014 @ 17:02:25

    Wahhh… Gak terima bangett… Apaan sih tuh Hyun Ae… Ahhhhh!! Needed sequel banget nih thor.. Biar ceritanya gak bikin penasaran gini.. Yahh.. Yahh.. Yahh.. *muka melas*

    Reply

  73. guna
    Jan 09, 2014 @ 20:16:03

    uwaoooouuu.. udah ada sequelnya ternyata… siap-siap dengan komen panjangku.
    authornya keren!!! bisa banget nyampain tujuan awal dan utamanya bikin ff.. pesan yang disampaikan di ff ini bener-bener bagus dan menurutku mudah ditangkap.. seneng deh baca ff yang alurnya terkonsep baik, gak melenceng, dan aku sebagai pembaca bisa merasa berada dalam tokoh itu sendiri (utamanya haven dan donghae yah -with- hyun ae sedikit2 kecuali kyuhyun.. jujur kyu itu biasku tapi disini susah banget aku nyoba masuk ke karakternya.. mungkin karena dari awal aku udah simpati sama si haven yah ).

    pengennya si sequel lagi, tapi kalo author merasa cukup sampai disini, ya gak ada salahnya aku pejemin mataku trus ngebayangin gimana ending yang bisa bikin aku puas sendiri..lol.. pokoke keren dah ini ff..

    and… sorry kyu, bagiku disini andalah yang paling cocok sebagai pihak antagonisnya.. wake up, this is only a fanfic, oh,, i need to watch my kyu videos after this buat ngembaliin cintaku ke kyuhyun.. T.T

    Reply

    • Retz
      Jan 09, 2014 @ 22:11:24

      Aaahh,, makasih komen panjangnya.. hehehe..
      sebenernya kyu itu juga salah satu bias q selain Yesung.. 😀
      Yup, mari kita bayangin bersama endingnya dan move on ke ff lain yg semoga tambah bagus ke depannya.. *alasan author.. hahaha
      makasih ya udah baca.. ^^

      Reply

  74. Livia Jung
    Jan 09, 2014 @ 23:56:46

    thor buat sequelnya lg dong…. buat kyuhyun nyesel …. plisss

    Reply

  75. Rani Permatasari
    Jan 10, 2014 @ 03:22:46

    sumpah demi apapun, gw pgn bgt cabik cabik hati kyuhyun smpe hancur, benci bgt sm hyun ae yg sok baik ..

    Kasian haven.Kyu jhat bgt cuma mikirin perasaan dia tanpa tau gimana hancurny haven..

    Bolehkah sy yg bunuh mereka???

    Reply

  76. *elizabeth
    Jan 10, 2014 @ 20:33:34

    Keren 😀

    Reply

  77. Nurul Adira
    Jan 11, 2014 @ 14:54:35

    Uwaah thor, gila ini keren banget! Maaf sebelumnya aku gak ngasih comment di ff the antagonist yang pertama. Aku juga baru baca hari ini karena rekomendasi temen aku yang suka ff ini.

    Dan, menurut aku ini ff memang logika banget. Seolah haven itu menggambarkan aku banget. Jujur aku bakalan punya dendam yang besar juga atau bahkan ngebunuh HyunAe tanpa peduli apa yang akan terjadi selanjutnya kalo aku jadi Haven.

    Sequel diperlukan thor!! XD

    Reply

  78. Lee Hana
    Jan 12, 2014 @ 08:48:00

    demi ini keren banget!!! semoga haven cepet2 move on yaa ;_; bingung komen apa lg yg pasti ini keren bgtssss!! coba aja ini ada epilognya thor T-T /banyak maunya/

    Reply

  79. liya
    Jan 12, 2014 @ 10:38:52

    thlr please bikin kelanjutan ceritanya donghae sama haven..
    ak suka banget sama karakter haven disini dan nggak tau kenapa malah berimpati sama dy karna haven brubah krna dy itu manusiawi siapapun yg mrsa brg mliknya tba” d ambil dri dirinya apalagi itu brg stu”ny mliknya pasti bklan kayak gtu..
    dan ak malah jengkel bgt sma hyun ae dan kyuhyun but still cerita ini hebat kok..
    keren bgt malah..
    ditunggu ya thor krya slanjutnya ^^

    Reply

  80. Annisa elf
    Jan 13, 2014 @ 13:03:02

    Sequel lagi… Lagi lagi lagi. Hah ffnya kerenn.

    Reply

  81. Avina ramadhan
    Jan 13, 2014 @ 14:39:12

    Sequel dong thor, bikin kyu ama hyun ae menderita, kl bisa bikin mati aja sekalian si hyun ae, abis gede’ bagt ma tuh pasangan. Kan kesian Haven a dari pertama cerita udah menderita, nyesek bgt bacanya.pengennya sich di sequelnya nti si kyupil baru nyadarin kl dia sebenernya tuch cintanya ma Haven, tapi Haven nya dah gak cinta lagi ma dia, trus dibkinin hepy ending ya thor.. Ditungguuuuu bgt. * maksa*

    Reply

  82. mylifediarysite
    Jan 14, 2014 @ 12:42:01

    Ya tuhan… demi apa ini FF dalem bgt… nyakitin thor.. rasanya pengen bunuh hyun ae pake tangan sendiri…-_-
    kapan haven bahagianyta kalo gtu…
    semoga bkalan ada lnjutannya lg.. mungkin?
    pokoknya gak ada yg kurang dr FF ini.. aku aja ampe sesegukan bacanya..??
    love..><

    Reply

  83. Flo
    Jan 20, 2014 @ 22:37:17

    kalau udah soal cinta memang berbahaya
    orang yg baik sekali pun, bisa jadi jahat gara2 cinta
    tapi, aku sebel ma hyun ae, bersikap baik
    tp, dy malah ga ngertiin haven dan malah mesra2an sama kyu pas di pemakaman
    kyu juga jahat, kalau memang ga cinta kenapa dipertahanin sampai 10thn
    lebih baik jujur dari awal, daripada ke belakangnya menyakiti haven lebih dalam
    10thn kan bukan waktu yg sebentar dan cinta di hati haven pasti udah dalam banget
    tp, kyu tega banget menghempaskan perasaan haven..
    yah sequel dong thor, pengen lihat haven bahagia sama donghae oppa, plis..

    Reply

  84. MayaNDH
    Jan 23, 2014 @ 07:51:36

    pgn rasanya cekik hyun ae sama kyu.
    sequl thor,bikin hyun ae nya mati,tru kyu nya nyesel ninggalin heaven. Ayo thorrr.
    ini nyesek bgt ff nya 😥

    Reply

  85. imldonghaes
    Jan 25, 2014 @ 02:49:50

    apa salahnya orang mencintai terlalu dalam? apa salahnya kalo kyuhyun dan orang yang ia anggap adik bersatu? jujur aku lebih srek kaya gitulah, anyway FIX BUTUH SEQUE LAGI T_____T

    Reply

  86. Putri
    Feb 06, 2014 @ 21:35:39

    Lanjutannya msih lama gk?

    Reply

  87. ami kim
    Jan 08, 2015 @ 18:54:59

    ahhh ternyata kyuhyun gak cinta sama haven cuma anggap sahabat. tapi gausah gitu juga kali kyu, tetap aja kyu salah. sih hyun ae pemikiranny bener aneh. jdi abu2 gitu

    Reply

  88. abrian
    Jan 09, 2015 @ 17:00:55

    Wah cm bisa nangis baca ff ini sy bisa merasakn bagaiman sakitnya heaven, bnr2 sakit orang tg kita cintai slma 10 tahun. Trnyata tdk membls perasaan kt sprti yg seharusnya, jika brhbngan dngn hati entah siapa yh akan di sebut egois, mau blng slh kyu memberibkesempatan.od hatinya untuk jth nta, tp jk berbicara cinta itu urusan hati dan tdk.bs dibperidiksi, tp jujur kalau sy mau egois, i hate kyuhyun knoa.memberikan harapan slma 10 tahun kalau pd lknytaanya tdk.mampu mempwrtahkan, tp kmbli lg cinta urusan hati dan tdk bisa di peridksi akan berlabuh di mana. . . . Ini hanya cerita tp sekuat apapun sy tdk bisa menerima kenyataan apa yg terjadi sm heaven, ingin.lht apa yg terjadi sm hdp kyu setelah pasien tercintanya meninggal. . . Terimakasih uda share cerita yang menguras emosi dan bth ksdrn tinggi untuk memahami persoaln.hati,

    Reply

  89. Vania Larissa
    Jan 10, 2015 @ 14:47:10

    Ceritanya asik dan idenya gak biasa.
    Jadi bener bener bisa ngerasain perasaan Haven. Perasaan jadi seorang penjahat. Haahaha..
    tapi masih butuh kejelasan sama kehidupan kyuhyun dan hyun ae . Berakhir bahagia atau gak?
    Author pantes dapat 20 jempol… dan bakal jadi 40 jempol kalo ada sequel lagi. Semangat thor!

    Reply

  90. chariztha
    Jan 11, 2015 @ 06:46:21

    Aahh .. kereennn … sebelll sm Kyukyu dan Hyun Ae … >_<

    Reply

  91. jae
    Jan 11, 2015 @ 19:30:57

    PLIS BUAT KYUHYUN SAMA HAVEN PLISSSSS PLISSSS PLISSSAS AUTHORNIMMM PLISSSSSS

    Reply

  92. misskim
    Jan 12, 2015 @ 20:54:25

    Sequel dong … Penasaran kehidupan mereka kedepan gmn ?! Move on nya nanti aja ckckck kan bisa diakhir ceritanya happy ending *maksa bgt* Bagus banget ffnya (y)

    Reply

  93. niul
    Jan 12, 2015 @ 22:38:07

    Ya tuhan author jago bgt bikin aku nangis ga karu”an bikin mata bengkak dan tak bisa tidur, endingnya seolah bikin harepan buat haven bahagia, dan buat si cho mati saja kau dgn wanita penyakitan itu!!
    Sumpah ff ini tuh punya makna yg dalem ya kaya kata” diawalnya yg bilang yg putih tdk selalu putih dan yg hitam pun begitu ya itulah hidup, meski sakit hidup haven aku bayangin bahagia setelah ending sequel ini haha

    Reply

  94. Lismaelf
    Jan 30, 2015 @ 23:50:21

    Gila.. ff beginian yang aku suka. bahasanya bagus, ceritanya bikin gregetan.
    kasian banget liat haven. tapi gak bisa nyalahin kyuhyun atopun hyun ae juga mereka kan gak tau kalau pads akhirnya kyuhyun jatuh cinta sama cewek lain.
    ahh gak tau dah mau ngomong apa yang jelas ne ff bikin aku nangis gak Karu karuan… mungkin kalo ada sequel lagi lebih bagus soalnya pengen liat hidup haven itu bakal kayak gimana

    Reply

  95. Nurkumalasari
    Feb 22, 2015 @ 04:22:55

    ffnya bagus thor bikin nangia bacanya , kalau ada sequelnya lagi pasti lebih bagus pengen tau hidupnya haven pas nanti keluar dr penjara , sequel dong thorrr pleasee.

    Reply

  96. ParkEunGi
    Mar 15, 2015 @ 12:40:58

    Aku ngga habis pikir sami Kyuhyun , Ini Ff yang bikin aku benci banget sama Kyuhyun .. Thor ada sequel ngga? Kasian Haven di Ff ini belum bahagia ..

    Reply

  97. taemfallin
    Apr 20, 2015 @ 15:05:32

    ah kenapa kyu g dibuaat nyesel aja
    sumpah bikin nangis ffnya
    apaaa g ada sequel lagi???! 🙂

    Reply

  98. shoffie monicca
    May 09, 2015 @ 17:07:21

    sudh heaven sm donghae sj biar kyu sm hyun ae…jngn bkin menderita trs donk bng kyu nya ak ngga tga..tpi ak jg ksian sm heaven sm hyun ae..udh authorrr minta sequel lg donk crtanya sru bkin heaven sm donghae sj….

    Reply

  99. Frozen
    May 12, 2015 @ 07:39:14

    Wah keren nih FF akhirnya Haven sama Donghae Oppa ya. Baguslah Donghae Oppa kan lebih ganteng, cakep dan baik.
    Kyuhyun egoisssssssssssssssss

    Reply

  100. esakodok
    May 12, 2015 @ 22:12:42

    sumpah…q benci setengah mati sama karakter kyu sama hyun ae disini..huaa…saengi..bener2 keren ffmu..membuat tokoh utama jd antagonist…semoga kyu sama hyun ae g bahagia..hahahha..jahat bgt yak doanya..donghae oppae..dewasa bgt dia..menengahi masalah ini dengan bijakk

    Reply

  101. johee
    May 13, 2015 @ 22:36:20

    aaaaaaaaah masih mau lanjutan waktu haven keluar penjara, ke Irlandia bareng donghae mungkin? hehe

    anyway, ini bagus bangetttt top pokoknya!!
    rasa bersalah semua pihak dapet banget, feel nyaaaaaaa (y)

    Reply

  102. ipeeeeh
    May 14, 2015 @ 12:18:30

    Huaaaa feelnya dpt bgt :’)
    Please lanjut SEQUEL dong huhu 😦

    Reply

  103. meynininx90
    May 14, 2015 @ 12:55:26

    Sneng……haven ad t4 tux b’bgi dg donghae…..dsni mlh kyu ksanny jhat bgt,,, nbgumbr kmsraan ddpAn haven..smkin m’bwt haven fruztasi…..

    Reply

  104. Maulidya Sabila
    May 14, 2015 @ 15:54:51

    ya Allah sakit banget yah jadi haven. mending haven sama donghae aja dr pada sama kyuhyun yg egois banget. semoga ada sequelnya lagi. semangat author!

    Reply

  105. habyung94
    May 14, 2015 @ 16:55:13

    kyaaaaa….langsung bca sequel mumet jga ya…??? MAU MINTA SEQUEL LG….

    Reply

  106. tiiwiii
    May 14, 2015 @ 23:06:00

    Huaaaaa aku bener2 nyesek baca ini..
    Kyu jahat bgt!!!! Dia harus dapet balesan pliss.. Hyun ae lbh jahat lg dibalik tampang sok lemahnya. Dia yg paling jahat!!!
    Pliiiss, hyun ae sm kyu harus dpt balesan

    Reply

  107. Frozen
    May 15, 2015 @ 08:22:06

    Wah keren banget nih ff bikin nyesek dada
    tapi aku suka banget tuh sama donghae oppa waktu dia bilang “Berhenti memintanya membunuhmu, karena seperti kau yang berusaha keras membuat hidup Hyun Ae lebih lama, aku akan menghalanginya untuk merusak jiwanya sendiri lebih dari ini demi pria yang tidak pernah mencintainya.”
    Wah keren banget Donghae Oppa ya

    Sequel donk tentang Donghae oppa dan Haven ya

    Reply

  108. Farah Alifiaa
    May 15, 2015 @ 10:01:47

    Gila..baru baca sequelnya!!udah bisa baca jalan cerita di awal..suka banget posisi pekerjaan mereka yang strategis jadi ceritanya lebih greget..

    Kak,wordpressnya apa?

    Reply

  109. Choi taree
    May 16, 2015 @ 11:17:13

    Gilw chapter INI bikin Aku nangis meraung2 haven seolah dibikin JD kambing hitam dari kesalahan kyu-ae
    Cinta emang gk Salah
    Yg Salah itu cara mereka (kyuae)
    Kyu kenapa dijadiin tunangan kalo rmang Dr awal cuma nganggep haven sbagai adk
    Hyun ae, permintaan terakhir? Sebelum Dia mati?? Tapi Dia minta untuk tetap hidup kan? Egois mikirin persaan sendiri Dia bilang “Kamisaling mencintai” didpan tunangan org yYg katanya dicintainya
    Yg jahat itu Hyun ae mengmbil sumber nafasnya haven demi kelangsungan hidupnya
    Benci Hyun ae? IYA
    Haven sharusnya dijadikan tokoh utama
    Kalo ada sequelnya bikin Sama donghae bahagia Thor, gk usahlah dibikin baikan Samakyuhyuh n hHyun ae soalnya terlalu seperti dipaksakan kalo nginget gimana sakitnya haven
    Tapi Aku berani bertaruh kalo ini ff masuk dlm Salah satu ff rekomen Dr Aku sebagai ff favorite

    Reply

  110. kavi
    May 17, 2015 @ 12:47:19

    Kalo gue jadi cewe yang sebatang kara dan tunangannya selingkuh didepan matanya sendiri, gue pasti bakal ngelakuin hal yang sama kayak haven. I dont like hyun ae haha i think, she’s fake

    Btw nice ff eonnie, jjang^^

    Reply

  111. yoomincha
    May 24, 2015 @ 11:27:22

    daebaaaaak gaberani baca yg pertama, eh baca sequelnya kejeeeer thor. Kyuhyunnya gilak, hyunaenya sarap. wajarlah haven jd gitu, antagonis disini patut dibela wkwk 😀

    Reply

  112. GyuHae
    May 29, 2015 @ 10:12:37

    Kasian heaven, yg sabar… Menurut saya hyun ae itu seperti gadis perebut orang, tp kalo dipikir2 biarkan saja dl, toh jika memang hidupnya divonis singkat nikmati dl. Aduhhhh, pusing.

    Reply

  113. Ichiyeppa11
    Jun 05, 2015 @ 07:26:11

    Asli… keren bgt thor fanfic nya. Suka suka suka: 😊😊😊
    Di sini nae mihak haven,, law nae ada diposisi dy gk tau harus gimana ngelewatin semuanya.. ngelihat orang yg qt cintai slma 10th cinta sama laen nd yg paling bikin nyesek ternyata selama ni dy (kyuhyun) sma sekali gk pernah cinta: 😭😭😭😭
    Salut thor bwt fanfic nya!!

    Reply

  114. Elva
    Jun 06, 2015 @ 16:12:43

    wahh .. Gmn nasib hyun ae sama kyu ? Apa hyun ae bakal mati ?
    Mau sequel lagiiiii … 😀

    Reply

  115. swdaebak
    Jun 07, 2015 @ 23:03:58

    Authorrrr kalo id twitter ada gak?

    Reply

  116. sweet Dandelion
    Aug 13, 2015 @ 21:04:26

    sungguh gue pengin banget nyakar2 kyuhyun sama hyun ae.,.gemes bgt

    Reply

  117. dhitalulu
    Aug 29, 2015 @ 23:10:44

    Hae ah yg jahattt!! Dia aja jd wanita gx tau diri,,udah tau kyu udah tunangan,, aq paling benci sma wanita kek gitu,,,

    trus entar yg salah jd wanita yg jd tunangannya,,cihhh…

    Kyuhyun aja yg bego!! Hae ah entar meninggal dan kyuhyun baru nyesel udah ngelepas tunangannya yg berharga,,,

    Reply

  118. Seftia yolanda
    Sep 08, 2015 @ 14:55:59

    Jiaaaah…… Jadi selama 10 tahun ituh si kyuhyun cuma PHP doang ke haven…… Isssshhhh….. Kesel banget kyuhyun……

    Reply

  119. Dian pitaa
    Sep 15, 2015 @ 21:47:46

    Disini yg paling menderita tu si haven . Kasian gara” hyun ae jd gni .. tak ada putih yg bnar” putih dan hitam yg benar” hitam .. cocok buat hyun ae dan haven .. hyun sbnernya enggk bner” baik ,dy cuma egois dan pngn bkin kyuhyun jd miliknya deh trs sifatnya di buat” gtu sok baik . Ya smga aja haven bahagia .. cepetin mati nya dong buat si hyun ae . Soalnya enggk sabar mtar hidup kyuhyun jd gmn lg . Alangkh baiknya sequel jusseyoooo

    Reply

  120. ninits
    Sep 29, 2015 @ 07:27:42

    Kyuhyun jahat banget jadi orang……
    Menurut aku kyuhyun itu sebenarnya cinta sama heaven cuman dianya saja yang tidak sadar diri, nanti setelah heaven pergi barulah mungkin dia akan sadar. Maka dari itu harus ada sequelnya …. Hehehe # modus

    Minta sequel dong,,, bagaimana nanti kehidupan kyuhyun setelah Hyun Ae meninggal. Bikin dia nangis bombay dan menyesal menyakiti Heaven..

    Please……Please…….Please…….. Sequel ya… Ya…ya…ya…ya…..ya….. #kedipmatasamaauthor

    Reply

  121. hyunsoo28
    Jan 08, 2016 @ 10:03:11

    Yaampun ini ff bnr” menguras emosi thooor
    salut sm haven
    harusnya bkn si cewe 432 ato apalah tpbkyuhyun aja yg mati
    ga ngerti lg klo ad di posisi haven gimana menurutku itu wajar di lakuin sm haven
    betharap ad sekuelnya dgn haven yg bahagian entah bagaimana caranya
    hebaaat ini ceritanya ga based on true story kaaan

    Reply

  122. kyunie143
    Feb 22, 2016 @ 15:33:16

    Cewek yg sakit itu yang antagonis. Astaga akuuu benciiiii!! Gak rela haven masuk penjara!!!

    Reply

  123. Widya Choi
    May 05, 2016 @ 14:22:34

    Tyta 10 thn mrk bsma g ad artiny kah unk kyu… kcwa bgt am kyu..
    Ini gntung…pngen liat kyu lbih ksiksa lg. N nyesal am prbuatny..buat sequelny dunk thor

    Reply

  124. Cici Kyuhyunnie
    May 07, 2016 @ 07:38:52

    Annyeong thor ,,aku izin baca karya author ya hehe..

    Reply

  125. Amalia
    May 08, 2016 @ 00:39:21

    Annyeong😊ff nya bagus banget..aku sebenarnya reader lama.tetapi dulu ngak tau caranya nge comment.jadi untuk waktu yg cukup lama aku menjadi silent reader(2 thn😩)maaf ya..😩😭

    Reply

  126. uchie vitria
    May 08, 2016 @ 12:25:56

    sedih nyesekkk juga
    cinta kalo udah egois mah datangnya kesiapa aja walau salah terlarang menyakitkan dan buta
    hyun ae kyuhyun dan haven memang terjebak dalam cinta rumit
    intinya mah kyuhyun memang menyayangi haven karna terbiasa bersama dan sayang seorang kakak
    harusnya haven melihat ketulusan donghae
    semua juga berkat hyun ae

    Reply

  127. sssaturnusss
    May 09, 2016 @ 01:17:14

    Apaan lah ini mah bikin aku mewek 😦 T_T

    Sebenernya yang jahat itu Kyuhyun. Dia gak bisa kontrol perasaannya. Dia gak bisa sadar dia udh jadi milik orang. Dengan dia jatuh cinta sama Hyun Ae itu kesalahan yang tak terhindarkan ..

    Lalu Hyun Ae yang, bener dia punya sisi hitamnya. Memang dia gak pernah dapet kebahagiaan seperti apa yg dia dapet dari Kyuhyun. Karna Kyuhyun juga dia terbawa suasana dan perasaan. Dia ikut gila dengan cinta juga sama Kyuhyun. Emg sih cinta gak bisa disalahkan. Tapi alangkah baiknya selalu berfikir akan resiko yang bisa sakitin org lain.

    Haven .. Yang ternyata korban yang paling tersakiti, malah membuat dia seperti tokoh jahat yang bener-bener paling disalahkan. Dan aku pikir sih, oke dia sakit hati. Tapi coba ajh dia berfikir lebih dalam lagi. Hyun Ae pasien yang bakal jadi calon mayat -kata Hyun Ae nya sendiri- klo dia coba buat bijak dan mengesampingkan perasaan, mungkin dia bisa kasih Kyuhyun dulu sementara. Hanya buat gadis 432 itu senang sampe waktu hidup dia habis . Setelahnya Kyuhyun mungkin akan kembali lagi sama dia . Tapi yaaa siapa juga sih yang mau klo kesannya jadi kaya cadangan persinggahan.

    T_______T dan seq nya sukses buat aku nangis bgt uhhhh 😦

    Walaupun endingnya manis tapi masih gak puas karna ngerasa gak klimaks karna masih gantung tapi ini FF nya udh publish lama hahahaha gpp deh aku puas Haven bakal sama Donghae .. Cuma tetep ajh aku benci sama peran Kyuhyun dan Hyun Ae -_- pengennya sih liat Kyuhyun menderita si Hyun Ae nya meninggal dan sedih tau Haven bakal tinggal diluar negri sama Donghae dan dihantui rasa bersalah huahahahahaha :p

    Reply

  128. sophie
    May 26, 2016 @ 15:55:52

    Msih pengen adaa sequel dr sequel ygg ini,,,penasaran sma haven kedepannya,,,

    Reply

Comment's Box

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: