Unforgetable Moment

Processed with VSCOcam with a5 preset

Unforgetable Moment

***

 

“ Ahhhh… bagaimana perasaan anda? Apakah anda sangat merindukan saat-saat itu?” Tanya seorang presenter.

“ Tentu saja, aku sangat merindukan saat-saat itu! Saat harus bersama setiap hari dengan mereka!” jawab seorang pria.

“ Ahhhh… kalau begitu, mari kita lihat ulasan-ulasan singkat perjalanan karier anda!” ucap presenter itu.

………………………………………………………………………………………

25 years ago

“ HYUNG!!!!!” Kibum berteriak senang saat membuka pintu dorm di lantai 11.

Kibum berdiri di depan pintu dorm di lantai sebelas. Tangannya sibuk membawa koper miliknya. Ya, hari ini Kibum kembali ke dorm, dan kembali untuk album kelimaSuper Junior.

“ Ahhhhh… Kibum-ah!” Ryewook yang sedang memasak di dapur, meninggalkan masakannya lalu menghampiri Kibum dan memeluknya.

“ Kau kembali,” Tanya Kyuhyun saat Kibum duduk di sampingnya. “ Hyung!” lanjutnya saat Kibum baru saja akan menjawab pertanyaan Kyuhyun.

“ Aish… sejak kapan kau belajar sopan santun, Kyuhyun-ah?” Kibum terkejut saat kata ‘Hyung’ keluar dari mulut Kyuhyun.

“ Ahhhh… dia memanggil semua orang di sini dengan panggilan Hyung, kecuali aku!” protes Ryewook.

“ Itu karena tubuhmu kecil, bagaimana mungkin aku memanggil seseorang yang lebih kecil dariku dengan panggilan Hyung?” kata-kata Kyuhyun itu membuat semua orang tertawa di dalam ruangan itu.

………………………………………………………………………………………

“ Ahhhh… jadi ini adalah foto saat Kibum-ssi kembali untuk album ke 5?” Tanya presenter itu kepada pria di hadapannya.

Pria itu mengangguk-anggukkan kepalanya. “ Itu adalah foto hari pertama dimana dia kembali ke dorm, walaupun aku sangat benci mengatakannya, tapi hari itu aku sangat senang karena salah satu anggota keluargaku kembali!” jelasnya.

“ ahhhhh… kalau begitu kita lanjutkan melihat-lihat kembali foto-foto kenangan anda bersama Super Junior!”

………………………………………………………………………………………

“ Tidak, aku rasa nada yang ini lebih cocok!” ujar Yesung kepada Kyuhyun dan Ryewook.

Hari ini, Super Junior KRY melaksanakan latihan untuk persiapan konser-konser yang diadakan untuk mereka. Selain sibuk mempersiapkan 5jib, mereka juga sibuk menyiapakan konser mereka. Kali ini tidak dengan lagu baru, tapi dengan lagu-lagu lama yang di aransemen ulang.

“ Ohhhh tidak hyung, aku rasa nada yang ini lebih bagus!” Ujar Kyuhyun sambil memberi contoh nada yang menurutnya bagus.

“ Kyu, ini terlalu…” belum saja menyelesaikan perkataannya, Leeteuk datang, dengan sekotak pizza di tangannya.

“ Ahhhhh… Hyung, akhirnya kau datang! Aku tidak tahu apa yang harus aku lakukan, mereka daritadi berdebat tentang nada!” keluh Ryewook sambil menghampiri Leeteuk yang baru saja masuk ke dalam ruang utama dorm di lantai 11.

“ Ahhhh… nada apa yang kalian perdebatkan?” Tanya Leeteuk sambil meletakkan kotak berisi pizza itu di atas meja.

“ Ahhhh… hyung, coba kau lihat, nada mana yang lebih cocok dengan lagu ini?” Tanya Yesung sambil memberi contoh nada yang menurut dia cocok.

“ Ini bukan masalah cocok atau tidak, tapi ini masalah bagus atau tidak!” protes Kyuhyun.

“ Sudahlah, memangnya nada yang bagaimana yang menurutmu bagus, Kyuhyun-ah?” Tanya Leeteuk sambil tersenyum ke arah Kyuhyun.

Kyuhyun mulai memberikan contoh nada yang menurutnya bagus. Sedangkan Leeteuk mencoba untuk meresapi setiap nada yang keluar. Setelah selesai mendengarkan nada yang menurut Kyuhyun bagus, Leeteuk tersenyum ke arah ketiga dongsaengnya itu.

“ Bagus!” ucap Leeteuk.

“ Sudah kubilang, nada ini lebih bagus!” ucap Kyuhyun kepada Yesung sedikit emosi.

“ Tapi nada, yang diberikan Yesung juga cocok!” lanjut Leeteuk dan membuat Yesung tersenyum menang. “ Kenapa tidak kalian coba satukan saja nada ini, aku yakin kalau kalian berhasil menyatukan nada ini, lagu ini akan menjadi lagu yang spektakuler!” jelasnya.

“ Ahhhh… begitu saja, bagaimana hyung, Kyu?” Tanya Ryewook merasa sedikit tenang.

Yesung dan Kyuhyun hanya terdiam, tidak ada yang mau mengeluarkan satu patah katapun.

“ Sudahlah, masalah pekerjaan kita tunda dulu!” suruh Leeteuk. “ Aku yakin kalian pasti belum makan sejak tadi siang, kalian pasti lapar! Lebih baik kita makan dulu! Aku yakin, kalau perut kita terisi, semua masalah akan dapat diselesaikan!” ucap Leeteuk sambil mengambil potongan pizza dari kotak pizza yang dibawa olehnya.

………………………………………………………………………………………

“ Kalau boleh tahu, cerita apa yang ada di balik foto ini?” Tanya presenter itu kepada pria dihadapannya.

“ Cerita yang ada di balik foto ini?” gumam pria itu.

Pria itu menatap layar monitor yang cukup besar di hadapannya. Di layar monitor itu, terlihat jelas foto empat orang pria termasuk dirinya. Pria itu terus menatap ke arah layar itu, lalu tersenyum penuh arti.

“ Hmmm…” pria itu menghela nafasnya sejenak. “ Itu foto saat Super Junior KRY menaransemen lagu yang akan dibawakan saat konser!” jelasnya.

“ Ahhhh… kenangan apa saja yang membuat anda akan selalu ingat dengan kejadian yang ada di dalam foto ini?” Tanya presenter itu lagi.

“ Kenangan saat kami memilih nada!” jawab pria itu.

“ Memilih nada?” presenter itu sedikit terkejut. “ Kenapa nada itu bisa menjadi kenangan untuk anda?” Tanya presenter itu.

“ Hari itu kami berdebat tentang nada!” jawab pria itu. “ Antara nada yang bagus, dan nada yang cocok! Tidak ada yang memutuskan nada mana yang akan kami gunakkan, sampai akhirnya Leeteuk hyung datang!” jelasnya.

“ Ahhh… jadi Leeteuk-ssi lah yang memutuskan nada mana yang dapat digunakkan dalam lagu kalian?” Tanya presenter itu.

Pria itu menganggukkan kepalanya. “ Ne, Leeteuk Hyung lah yang akhirnya memberikan solusi untuk kami! Leeteuk Hyung mengatakan, kenapa kami tidak menggunakan kedua nada itu, karena menurutnya bila kedua nada itu digabungkan maka lagu itu akan menjadi lagu yang spektakuler! Dan itu memang benar-benar terbukti!” jelasnya.

“ Ahhhh… ternyata julukan ‘Angel without wings’ itu memang cocok untuk Leeteuk-ssi!” ujar presenter itu seraya tersenyum.

“ Begitulah!”

………………………………………………………………………………………

Heechul masih menatap layar computer di hadapannya. Dia masih tidak percaya dengan apa yang baru saja dia baca di account cyworld miliknya. Heechul terdiam, seakan-akan nyawanya sedang pergi meninggalkan raganya. Kebetulan, saat itu, semua member super junior sedang berkumpul di dorm super junior di lantai 12.

“ Ya~, Hyung apa yang terjadi denganmu?” Tanya Shindong yang heran melihat makhluk autis yang satu ini terdiam.

Heechul tidak menjawab pertanyaan Shindong itu. Dia hanya mengarahkan telunjuknya ke arah layar computer, memberi isyarat kepada Shindong untuk membaca apa yang baru saja dia baca. Saat Shindong mulai membaca tulisan yang ada di account cyworld milik Heechul, Kibum sibuk mengambil  foto Heechul dan Shindong.

“ Ya~, kau bisa diam tidak?” ucap Heechul sedikit membentak Kibum.

Kibum terdiam dan kembali duduk, lalu memasukkan kamera miliknya ke dalam tas. Tapi tiba-tiba saja, Shindong tertawa terbahak-bahak.

“ Ya~, kenapa kau tertawa?” Heechul memukul kepala Shindong dengan bantal kursi yang sedang ia pegang.

“ Hyung, kau diam seperti tersambat setan, hanya karena Hankyung Hyung menulis di cyworldmu!” ucap Shindong masih tertawa.

Semua orang yang mendengar ucapan Shindong, langsung berdiri dari duduk mereka lalu berlari menghampiri Heechul dan Shindong. Dan Siwon lah yang pertama kali sampai ke tempat Shindong dan Heechul berada.

“ Benar, Hankyung hyung menulis di cyworld milik Heechul hyung!” ucap Siwon.

“ Chullie-ya, bagaimana kabarmu? Apa luka akibat lemparan itu sudah sembuh?” Eunhyuk mengucapkan kata-kata yang dibacanya itu.

“ Wahhhh… ini pertama kalinya, Hankyung hyung bertanya kepadamu!” ucap Donghae meneteskan air matanya. “ Mungkin!” lanjutnya karena tidak yakin dengan kalimat yang diucapkannya.

“ Dia kira, dengan memberikan perhatiannya, akan membuatku berhenti untuk membencinya?” gerutu Heechul.

“ Jangan seperti itu, aku tahu, di dalah hatimu ini, kau sangat senang, iyakan?”goda Kibum.

“ Ya~, Kibum-ah aku akan membunuhmu kalau kau berani mengucapkan kalimat itu sekali lagi!” Heechul memukul Kibum dengan bantal kursi yang masih dia pegang.

………………………………………………………………………………………

“ Lalu, bagaimana dengan foto ini?” Tanya presenter itu. “ Di sini, tidak ada anda, hanya ada Heechul-ssi dan Shindong-ssi?” lanjutnya.

“ Ahhhhh… ini memang bukan foto milikku!” jawab pria itu. “ Ini foto yang kucuri dari Kibum!” lanjutnya.

“ Jadi foto ini, Kibum-ssi yang mengambilnya! Tidak aku sangka, Kibum-ssi yang pendiam ternyata senang mengabadikan kejadia-kejadian member Super Junior!” ujar presenter itu. “ Lalu ada kenangan apa dengan foto ini?” tanyanya lagi.

“ Foto ini membuktikan, bahwa Hankyung hyung masih peduli terhadap kami semua!”

“ Kenapa bisa seperti itu? Jelas-jelas yang ada di dalam foto ini adalah Shindong-ssi dan Heechul-ssi?” Presenter itu keheranan.

“ Lewat Heechul hyung, Hankyung hyung membuktikan kepeduliannya terhadap kami!” jawab pria itu. “ Kau masih ingat incident yang membuat Heechul hyung mendapatkan luka di bagian bawah dekat matanya?” Tanya pria itu kepada presenter acara itu dan dijawab dengan anggukkan kepala presenter itu. “ Hankyung hyung menanyakan keadaan Heechul hyung lewat account cyworld miliknya, dan itu membuat Heechul hyung shock untuk beberapa saat!” jelasnya.

“ Kenapa Heechul-ssi bisa shock?”

“ Karena setahuku, itu pertama kalinya Hankyung hyung menanyakan kabar kepadanya.” Jelas pria itu.

“ Memang, selama Hankyung-ssi meninggalkan Super Junior, kalian sama sekali tidak pernah berhubungan dengannya?” Tanya presenter itu.

“ Mungkin dapat dikatakan seperti itu! Tapi, semua itu Hankyung hyung lakukan hanya untuk melindungi kami!”

“ Melindungi?” tanyanya heran. “ Maksud anda, melindungi seperti apa?” lanjutnya lagi.

“ Ini semua tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata, hanya Hankyung hyung dan kami semua yang tahu!” jelas pria itu.

………………………………………………………………………………………

Semuanya sedang berada di dalam dorm super junior di lantai 12. Semuanya menundukkan kepala mereka, air mata mulai bercucuran membasahi pipi mereka. Tidak ada yang tidak menangis malam itu, malam itu terasa hampa rasanya bintang dan bulan pun enggan keluar malam itu.

“ Kau benar-benar akan meninggalkan kami, Hyung?” Tanya Ryewook sambil mengusap air matanya dengan lengan baju panjangnya.

“ Kalau boleh aku jujur, aku sama sekali tidak mau meninggalkan kalian!” jawab Leeteuk tidak dapat menahan air matanya terjatuh.

“ Lalu siapa yang akan menjadi leader kami?” Tanya Yesung. “ Tidak mungkin si idiot ini yang akan menjadi leader?” lanjutnya lagi sambil memeluk Heechul yang duduk di sampingnya.

“ Ya~, apa kau tidak bisa tidak menghinaku di saat seperti ini?” ucap Heechul sambil menghapus air matanya.

Leeteuk menghapus air matanya, lalu memandangi dongsaeng-dongsaengnya itu satu per satu. Memang berat meninggalkan mereka yang sudah bertahun-tahun ini menjadi keluarganya, tapi apa boleh buat, tugas Negara akhirnya harus memisahkan mereka.

“ Kalian semua pantas untuk menjadi seorang leader, semuanya tidak terkecuali satupun!” jawab Leeteuk. “ Justru akulah yang selama ini menjadi leader yang sangat buruk untuk kalian! Bahkan aku tidak bisa mempertahankan Hankyung!” Leeteuk menundukkan kepalanya.

“ Anhi, kau justru leader terhebat yang pernah aku temui selama ini!” ucap seseorang yang tiba-tiba saja datang.

“ Hankyung-ah?” gumam Leeteuk yang melihat seseorang berdiri di depan pintu dan sontak membuat yang lainnya melihat ke arah pintu.

“ Hmmm… kau leader terhebat yang pernah aku temui! Mengurus 12 orang pria yang bertingkah laku seperti kami bukanlah hal yang mudah! Tapi kau dengan sabar memahami setiap yang kami inginkan!” Hankyung mendekati semua member lalu member yang lainnya mulai memeluk Hankyung kecuali Heechul. “ Aku akan kembali untuk album ke 6!” lanjutnya yakin.

………………………………………………………………………………………

“ Hankyung hyung!” gumam pria itu saat layar besar dihadapannya menunjukkan foto semua member super junior kecuali Kangin.

“Adakenangan apa dengan foto ini?” Tanya presenter hati-hati karena melihat ekspresi pria yang sedang diwawancarainya berubah menjadi sedih.

Pria itu memalingkan wajahnya dari layar dihadapannya ke arah presenter yang bertanya kepadanya. Dia menatap presenter itu dan tersenyum penuh kebahagian, walaupun dapat terlihat air mata di dalam matanya sudah tidak dapat tertampung.

“ Hankyung hyung kembali hari itu!” ujar pria itu pasti. “ Hankyung hyung yang sudah hampir dua tahun pergi meninggalkan kami semua!” lanjutnya lagi.

“ Ahhhh… jadi foto ini sebagai tanda kembalinya Hankyung-ssi menjadi member Super Junior?” Tanya presenter itu sambil tersenyum.

“ Dan sebagai tanda kepergian Leeteuk Hyung untuk dua tahun berikutnya!” jawabnya.

“ Waeyo?” presenter itu tiba-tiba terkejut mendengar jawaban pria yang sedang diwawancarainya.

“ Karena orang tua itu harus segera masuk wajib militer!” jawab pria itu sambil tersenyum jahat.

“ Ahhh… begitu ternyata!” presenter itu bernafas lega.

“ Hmmm… hari itu aku bahagia sekaligus sedih karena harus ditinggal pergi oleh leader terbaik seKoreabahkah sedunia seperti Leeteuk Hyung!” ujar pria itu. “ Aku rasa aku belum pernah bertemu leader terbaik lagi, selain dia! Si ‘Angel without wings’ yang tidak pernah mau tua!”

………………………………………………………………………………………

“ Akhhhhh panas sekali!” ujar Shindong sambil duduk di loby utama bandara Soekarno-Hatta.

Ini pertama kalinya Super Junior mengadakan Super Show di Indonesia. Masih lelah memang, sisa-sisa Super Show 3 beberapa bulan kemarin masih terasa. Tapi semua member Super Junior tetap bahagia dan tulus menghibur semua ELF. Dan Super Show 4 kali ini menambah list satu Negara lagi, yaituIndonesia.

“ Apakah sepanjang tahun hanya ada musim panas di Negara ini?” keluh Yesung sambil duduk bersandar kepada Shindong.

“ Jangan mengeluh seperti itu! Kita bahkan belum keluar dari tempat ini, bagaimana mungkin kita tahu bagaimana keindahan tempat ini?” ujar Kibum sambil menarik Yesung dan Shindong dari duduk mereka.

Semua member Super Junior berjalan menuju pintu keluar bandara ini. Saat tiba di pintu keluar, riuhnya teriakan ELF membahana dimana-dimana. Memang tidak salah, kalau orang-orang selama ini mengatakan bahwa diIndonesiaitu sangat banyak ELF.

………………………………………………………………………………………

Untuk yang kesekian kalinya, pria itu memandang foto yang ada di layar besar di hadapannya dengan tatapan yang penuh arti. Air matanya sudah tidak dapat ia bendung, perlahan tetesan air mata itu mulai jatuh dan membasahi pipinya.

“ Apa yang anda rasakan melihat foto ini?” Tanya presenter itu.

“ Terharu!” jawabnya.

“ Terharu?” Tanya presenter itu.

“ Itu pertama kalinya kami menginjakkan kaki kami diJakarta,Indonesia!” ujarnya. “ Disanaudara sangat panas, dan itu membuat kami semua terus mengeluh! Tapi karena teriakan mereka, karena teriakan semua ELF yang memberi semangat kepada kami, semua rasa panas itu rasanya hilang, dan kami merasa suasana menjadi sangat membahagiakan karena disanasangat banyak ELF!”

………………………………………………………………………………………

Malam ini, dan untuk beberapa menit lagi, Super Show 4 Indonesia akan segera dimulai. Semua member Super Junior sedang bersiap di ruang make up. Leeteuk sebagai leader menghampiri semua membernya, dan menyuruh mereka untuk berkumpul.

“ Pertama, aku ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada kalian, karena kalian terus berjuang sampai akhirnya hari ini kita berdiri di sini! Mungkin ini akan menjadi SuShow terakhirku sebelum aku pergi mengikuti wajib militer! Aku harap SuShow kita malam ini akan menjadi SuShow yang dapat menjadi kenangan yang tidak terlupakan seumur hidup kita! Untuk itu, sebelum acara ini dimulai, alangkah baiknya kalau kita mengucapkan doa kepada Tuhan!” ucap Leeteuk lalu menundukkan kepalanya diikuti dengan member yang lainnya.

Semua member Super Junior berdiri di atas panggung. Dan memang benar, mereka benar-benar terharu, ruangan kosong ini disulap menjadi lautan ELF, dimana-mana terlihat nyala lighstick berwarna biru shafier. Super Junior mulai menyanyikan lagu dari album kelima mereka dan disambut dengan riuhnya tepuk tangan dari semua ELF Indonesia.

………………………………………………………………………………………

“ Malam itu menjadi malam yang indah, untuk kami, Super Junior dan ELF!” ujar pria itu saat sudah benar-benar puas menatap foto yang ada di layar besar di hadapannya.

“ Lalu bagaimana dengan foto yang ini?”

………………………………………………………………………………………

Kyuhyun masih memandangi keadaan ruangan yang selama bertahun-tahun ini menjadi kamar tidurnya bersama Sungmin. Sekarang ruangan itu benar-benar rapi, tidak ada satu barang milik Sungmin atau milik Kyuhyun yang tertinggal di kamar itu, hanya ada dua buah tempat tidur, dan sebuah meja belajar.

“ Apa semua barangmu sudah kau rapikan, Kyuhyun-ah?” Tanya Sungmin.

“ Hmmm…kita bisa pergi sekarang, Hyung!” jawab Kyuhyun.

Semua member Super Junior sudah berkumpul di ruang utama dorm lantai sebelas. Tidak hanya member Super Junior, disanasudah ada Lee Sooman, seorang produser yang sudah mempersatukan ketiga belas pria ini menjadi satu keluarga.

“ Tidak terasa, sepertinya baru kemarin aku mengumpulkan kalian!” ujar Sooman. “ Dulu kalian masih berusia belasan, dan sekarang kalian sudah memiliki istri bahkan anak!” lanjutnya lagi. “ Aku tidak pernah terfikir, akan sampai ke hari dimana kalian tidak lagi bekerja untuk perusahaan yang sudah kudirikan ini!”

“ Walaupun begitu, kami akan tetap menjadi Super Junior! Sebuah boyband yang kau buat!” ujar Leeteuk.

“ Terima kasih untuk semua yang telah kau lakukan untuk kami!” ucap Siwon.

“ Terima kasih karena telah membuat kami menjadi sebuah keluarga!” lanjut Kangin.

“ Kami tidak akan pernah melupakan orang-orang yang telah mengumpulkan kami menjadi keluarga!” ucap Kyuhyun.

“ Terima kasih untuk semuanya!” ucap mereka bersamaan sambil membungkukkan sedikit tubuh mereka sebagai tanda hormat kepada Sooman.

………………………………………………………………………………………

“ Jadi ini hari terakhir anda, berada di dorm Super Junior?” Tanya presenter itu dan hanya dijawab dengan anggukkan kepala pria yang diwawancarainya.

………………………………………………………………………………………

Satu per satu member Super Junior pergi meninggalkan dorm. Hanya ada Sooman di tempat itu. Memandangi ruangan kosong yang ditinggalkan oleh para pemiliknya. Sooman memandangi setiap sudut ruangan yang sudah bertahun-tahun ini menjadi tempat tinggal beberapa orang member Super Junior.

“ Ahhh… sepertinya ada yang tertinggal!” ucap Leeteuk yang tiba-tiba saja kembali ke dalam dorm.

“ Dimana Heebum, kenapa aku tidak bisa menemukannya?” Heechul pura-pura bingung mencari Heebum.

“ Ddangkoma, dimana dia?” Tanya Yesung yang juga pura-pura bingung.

“ PSPku, sepertinya aku meninggalkan PSPku di kamar!” Kyuhyun kembali masuk ke dalam kamarnya.

Dan satu per satu member Super Junior itu kembali masuk ke dalam dorm. Di mulai dari Leeteuk, Heechul, Yesung, Kyuhyun, dan diikuti dengan member yang lainnya.

“ Kami fikir, kami tidak akan pernah bisa meninggalkan tempat ini!” ujar Siwon. “ Terlalu banyak kenangan kami di tempat ini!” lanjutnya.

“ Apakah, kau mengizinkan kami untuk kembali ke tempat ini, kapanpun kami mau?” Tanya Kangin.

Tidak terasa Sooman meneteskan air matanya lalu menganggukkan kepalanya. “ Tentu saja, datanglah ke tempat ini kapanpun kalian mau! Dan buatlah suasana di tempat ini, seperti tempat tinggal kalian selama ini!” ucap Sooman.

………………………………………………………………………………………

“ Dan kalian kembali hanya untuk meminta agar kalian boleh kembali ke dorm kapanpun kalian mau?” Tanya presenter itu.

Pria itu menganggukkan kepalanya lalu tersenyum. “ Hmmm…apartemen itu menjadi tempat yang tidak akan pernah kami lepaskan dari hidup kami! Karena di tempat itulah banyak kenangan kami yang tersimpan!”

“ Ahhhh…ternyata banyak sekali ya kenangan kalian itu!” ujar presenter itu. “ Kyuhyun-ssi, terima kasih sudah bersedia datang ke acara kami, UNFORGETABLE MOMENT!” ujar presenter itu sambil berjabatan dengan Kyuhyun.

Setelah berjabat tangan, Kyuhyun berniat untuk meninggalkan panggung tempat acara Unforgetable moment itu berlangsung. Tapi  tiba-tiba saja lagu Endless moment mengalun, Kyuhyun mengedarkan pandangannya mencari asal suara, sampai akhirnya dia menemukan kedua belas hyungnya yang sedang menyanyikan lagu itu. Hyungnya yang sudah berubah menjadi tua. Walaupun mereka sudah tua, tapi tidak akan pernah ada yang berubah dengan mereka, karena mereka akan selalu menjadi SUPER JUNIOR.

-the end-

2 Comments (+add yours?)

  1. arfava
    Jun 02, 2017 @ 21:06:55

    Annyeong eon aku readers baru..😊😊 salam kenal

    Reply

  2. tisasusanti
    Aug 12, 2017 @ 09:40:24

    Entah kenapa tiba-tiba nangis terharu setelah baca cerita ini dan ngebayanginnya.

    Reply

Comment's Box

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: